Ilustrasi perempuan mengalami gejala asam lambung/Freepik
Health

5 Penyakit yang Biasanya Muncul di Bulan Puasa, dan Cara Mengatasinya

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 16 Maret 2023 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama berpuasa tubuh kekurangan cairan dan asupan makanan, tidak jarang penyakit datang menyerang ketika sedang berpuasa.

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan yang seimbang saat sahur yang justru menyebabkan penyakit.

Sahur merupakan hal yang penting bagi umat islam yang berpuasa, sebab tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang untuk menahan lapar selama 12 jam dan beraktifitas di luar ruangan.

Asupan gizi yang kurang ketika sahur dan pola tidur yang tidak teratur, bisa menyebabkan penyakit mudah menyerang tubuh di bulan puasa ini.

Hal tersebut disebabkan karena tidak mengkonsumsi apapun baik makanan dan minuman serta tubuh lemas tentu rentan terserang virus dan bakteri apabila pola makan dan tidur tidak teratur.

Penyakit ini bisa dialami kapan saja tidak hanya bulan puasa, namun tubuh lebih rentan terkena penyakit saat bulan puasa yang menyebabkan terganggunya aktivitas selama menjalankan ibadah puasa.

Dan di bulan puasa juga biasanya ada beberapa penyakit yang biasa menyerang dan paling dikeluhkan mereka yang berpuasa.

Berikut macam-macam penyakit yang datang ketika bulan puasa:

1. Asam lambung naik

Asam lambung menjadi penyakit yang sering dialami saat puasa. Penyakit ini muncul karena kurangnya supan atau perut kosong dan menyebabkan asam lambung naik. Asam lambung akan bertambah parah jika tidak makan sahur atau sehabis sahur langsung tertidur yang menyebabkan asam lambung naik.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan perut mulas, ingin muntah, dan kepala pusing. Hal tersebut menjadikan sahur hal yang penting agar terhindar dari penyakit ketika saat berpuasa.

Untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam lambung saat puasa, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas dan asam saat sahur maupun berbuka. Cobalah untuk memakan sedikit demi sedikit saat berbuka puasa ketika asam lambung sedang naik dan jangan lupa untuk minum obat untuk mengurangi rasa sakitnya.

2. Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi penyakit umum yang sering terjadi, namun pada saat puasa sakit kepala ini sering terjadi karena tekanan darah yang rendah dan kurangnya pasokan gula dari makanan.

Hal ini dapat disebabkan akibat pola tidur yang tidak teratur atau sering begadang dan banyaknya aktivitas di luar lapangan yang menguras energi saat berpuasa.

Untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala ini, disarankan untuk mengatur pola makan saat sahur, mengurangi minuman berkafein seperti kopi dan mengatur pola tidur yang teratur..

Cobalah untuk membiasakan tidur minimal 7 jam dan mengkonsumsi makanan yang menambah tekanan darah dan kadar gula serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan untuk mengatasi sakit kepala saat berpuasa.

3. Dehidrasi

Dehidrasi menjadi salah satu penyakit yang sering dialami saat berpuasa. Dehidrasi terjadi karena kekurangan asupan cairan saat berpuasa. Aktivitas yang padat membuat tubuh menjadi kelelahan dan kehilangan cairan yang cukup banyak. Dehidrasi akan menyebabkan mulut kering, bibir pecah-pecah, mual serta kelelahan.

Hal Itu pentingnya mengatur pola untuk minum air saat sahur dan berbuka. Saat dehidrasi terjadi, tubuh akan menjadi lemah, untuk itu penting nya mencegah dan mengatasi dehidrasi saat berpuasa.

Semisal, dengan mengkonsumsi cairan yang cukup dan mengkonsumsi asupan buah yang mempunyai banyak cairan dan vitamin untuk menambah stamina serta mengurangi minuman- minuman manis agar terhindar dari penyakit saat berpuasa.

4. Sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang terjadi pada pencernaan, pada saat berbuka puasa kita tidak dapat mengontrol makanan yang dimakan dan serat yang berkurang yang menyebabkan terjadinya sembelit pada tubuh.

Hal tersebut menjadi salah satu penyakit yang perlu diketahui saat puasa. Untuk mencegah dan mengatasi agar penyakit tersebut tidak terjadi dengan mengontrol makanan yang akan dikonsumsi serta mengurangi makanan pedas.

Untuk sembelit ini dapat diatasi dengan berbuka puasa memperbanyak makanan tinggi serat seperti biji-bijian dan buah-buahan serta memperbanyak minum air putih.

5. Bau Mulut

Saat menjalani ibadah puasa, mulut rentan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau yang terjadi pada mulut ini timbul akibat produksi air liur dalam mulut berkurang cairannya. Untuk mencegah bau mulut agar tidak terjadi dengan wajib sikat gigi sebelum tidur dan ketika sehabis sahur serta berkumur-kumur menggunakan obat kumur.

Atasi bau mulut ini dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur yang dapat menghilangkan bau seperti apel, bengkuang dan wortel untuk menghindari terjadinya bau mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro