Sakit tenggorokan/Istimewa
Health

Begini Cara Atasi Sakit Tenggorokan Kala Berpuasa

Arlina Laras
Jumat, 17 Maret 2023 - 18:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama menjalankan ibadah puasa, radang tenggorokan menjadi keluhan yang banyak orang alami. 

Biasanya sakit tenggorokan diakibatkan oleh infeksi bakteri atau kuman, kurang minum, gangguan asam lambung, hingga rangsangan pada tenggorokan seperti konsumsi makanan terlalu pedas, terlalu dingin, terlalu panas, dan lain-lain. 

Untuk menjaga kesehatan tenggorokan dan mulut, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Povidone-Iodine sebagai pertolongan pertama untuk gangguan tenggorokan. 

Dokter ahli, Gia Pratama mengatakan, salah pemicu utama masalah radang tenggorokan kala berpuasa adalah dehidrasi. 

"Kontaminasi bakteri dan virus jahat akan semakin mudah terjadi jika tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi yang mengakibatkan jumlah air liur di mulut berkurang," ujarnya dalam Press Conference, Kamis (16/3/2023).

Dirinya menambahkan, kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka berbuka dengan gorengan dan minuman manis, menambah risiko nyeri tenggorokan. 

Selain itu bagi pengidap asam lambung perlu diwaspadai karena asam dari lambung dapat naik yang menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan, sehingga menyebabkan nyeri saat menelan. 

Gia menganjurkan, seseorang yang terbiasa buka puasa atau bahkan sahur dengan gorengan, bisa berkumur selama 30  detik menggunakan cara alami,  seperti air putih,  air garam, dan  teh hijau.

"Kalau mau pakai yang lain, pilih mouthwash dengan kandungan povidone-iodine juga efektif membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat meredakan nyeri tenggorokan, mencegah sariawan dan menghilangkan bau mulut," ujarnya. 

Dia menjelaskan, gargle atau berkumur dua kali sehari selama berpuasa, yakni saat sahur dan setelah berbuka untuk mengurangi risiko pertumbuhan jamur, bakteri dan virus di tenggorokan dan rongga mulut. 

Sementara itu,  Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti menyampaikan, dalam rangka World Oral Health day dan bulan Ramadan, Mundipharma meluncurkan kampanye #JanganBerhenti Sedia Kebaikan Dengan Betadine untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kesehatan tenggorokan, mulut dan hidung. 

"Dilengkapi dengan antiseptik Povidone – Iodine  terbukti dapat mengurangi jumlah kuman pada rongga tenggorokan dengan efektivitas tinggi dan dalam waktu singkat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro