Ciri Kucing Maine Coon, Cara Merawat, dan Harganya - Freepik
Relationship

Ciri-ciri Kucing Maine Coon, Cara Merawat, dan Harganya

Nuraini
Jumat, 17 Maret 2023 - 22:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kucing maine coon adalah jenis kucing yang tubuhnya besar dan senang berinteraksi dengan manusia. Kucing ini berasal dari Wiscasset, Maine Amerika Serikat.

Kucing ini memiliki penampilan yang menarik, sehingga membuat banyak orang ingin memelihara kucing ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal lebih jauh seputar kucing maine coon. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Kucing ras maine coon memiliki karakteristik yang berbeda dengan kucing lainnya. Berikut beberapa ciri kucing maine coon yang perlu diketahui.

1. Ukuran tubuhnya besar

Kucing maine coon memiliki ukuran tubuh yang besar. Kucing ini bahkan memiliki tinggi sekitar 40 cm dengan panjang 100 cm.

Selain itu, kucing ini memiliki berat sekitar 8 kg. Tubuh kucing ini kekar dan berotot dengan dada lebar dan kaki kokoh.

2. Bulunya lebat

Ciri kucing maine coon lainnya yaitu memiliki bulu lebat dan panjang. Akan tetapi, bulu bagian bakunya pendek.

Bulu kucing ini juga halus dan lembut dengan warna putih solid, merah, biru, hitam, krem, atau campuran dari beberapa warna.

3. Bentuk telinga runcing

Bentuk telinga kucing ini runcing dan besar. Bagian telinga kucing maine coon juga ditumbuhi bulu pada bagian atasnya.

4. Bentuk wajah

Jika diamati dengan seksama, kucing maine coon mempunyai ukuran kepala sedang dengan bentuk agak lonjong dan moncongnya persegi. Kucing ini mempunyai mata oval besar dan ekspresif. Biasanya mata kucing ini memiliki warna hijau, emas, hingga emas kehijauan.

5. Mempunyai ekor panjang

Jenis kucing maine coon diketahui memiliki ekor panjang. Ekor kucing ini juga memiliki bulu yang lebat melambai.

6. Bersifat lembut dan penyayang

Meskipun tubuh kucing ini besar dan terlihat gagah, kucing maine coon ternyata mempunyai sifat lembut dan penyayang. Kucing ini juga termasuk friendly dan senang bermain dengan manusia. Maka dari itu, cocok untuk menjadi hewan peliharaan.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Kucing jenis maine coon memiliki karakteristik yang menyenangkan, sehingga cocok menjadi hewan peliharaan. Untuk Anda yang ingin memelihara kucing ini, berikut cara merawat kucing maine coon yang perlu diketahui.

1. Menyediakan makanan dan minuman yang tepat

Hal penting yang harus diperhatikan yaitu minuman dan makanan kucing maine coon. Sediakan makanan yang sehat dan bernutrisi. Selain itu, berikan juga minuman yang bersih dan sesuai dengan kebutuhan kucing.

2. Rutin lakukan grooming

Cara merawat kucing maine coon berikutnya yaitu lakukan grooming secara rutin minimal seminggu sekali. Anda juga dapat memandikan kucing secara rutin, satu bulan sekali. Pastikan memandikan kucing menggunakan sampo dan sabun khusus.

3. Membersihkan kandang

Selain merawat kucing, pastikan juga tempat tinggal atau kandang kucing selalu bersih. Dengan demikian, kucing tetap sehat dan bersih.

4. Melakukan pengecekan kesehatan dengan rutin

Agar kucing tetap sehat dan bugar, sebaiknya lakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Lakukan juga vaksinasi khusus kucing untuk menghindari penyakit tertentu. Anda bisa membawa kucing kesayangan ke dokter hewan terdekat.

5. Ajak bermain

Kucing merupakan hewan yang senang bermain. Maka dari itu, sebaiknya ajak kucing Anda bermain agar kucing tidak mudah stres.

Berapa Harga Kucing Maine Coon?

Kucing maine coon menjadi salah satu kucing yang banyak disukai. Hal tersebut ternyata turut mempengaruhi harga jual kucing tersebut. Kisaran harga kucing ini antara Rp1.500.000 sampai Rp20.000.000 tergantung dengan jenis dan umur kucing tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro