Durian/Istimewa
Kuliner

Deretan Makanan yang Dilarang di Beberapa Negara dan Alasannya

Elsa Hayati Sukma
Senin, 20 Maret 2023 - 15:24
Bagikan

11. Foie Gras

Foie Gras adalah hati bebek atau angsa yang terkenal di Prancis dan memiliki rasa lembut, berkantong tebal. Namun, Foie Gras ini dilarang di beberapa negara yaitu California, Italia, India, Denmark, Finlandia, Norwegia, Israel, Australia, Jerman dll karena cara pembuatannya yang kurang layak.

Banyak negara yang melarang karena sifat pembuatannya yang kejam.

12. Daging kuda

Makanan daging kuda ini telah lama dilarang di Amerika Serikat dan Inggris karena obat-obatan yang diberikan kepada kuda semasa hidupnya. Menurut Smithsonian, Koktail medis “membuatnya tidak cocok untuk piring kita”.

13. Samosa

Samosa telah menjadi bagian dari masakan Asia Selatan dan Timur tengah selama berabad-abad. Makanan ini dilarang di Afrika Timur dengan alasan tidak ada hubungannya dengan bahan apapun. Pada tahun 2011 pemuka agama somalia melarang makanan berbentuk segitiga dari negara tersebut karena sebagai pemeluk islam, mereka merasa ketiga sudut makanan tersebut terlalu mirip dengan Tritunggal Mahakudus dalam agama kristen.

14. Minuman Rasa Jeruk

Beberapa minuman rasa jeruk menggunakan Brominated Vegetable Oil (BVO) yang membantu dengan karbonasi serta menjaga bahan dalam minuman agar tidak terpisah, namun mengandung brom, yang diketahui berdampak kepada tiroid seseorang. Karena inilah minuman rasa jeruk telah dilarang oleh 100 negara termasuk Amerika Serikat.

15. Makanan Vegetarian

Pada tahun 2011, pedoman nutrisi baru yang menghilangkan sumber protein non-daging dari makanan sekolah diterapkan di kafetaria di Seluruh Prancis, sehingga menghilangkan banyak pilihan siswa yang menjadi vegetarian.

16. Meses

Setiap makanan kue, donat, maupun es krim memiliki taburan meses di atasnya. Sulit dipercaya bahwa meses ini dilarang oleh Inggris, bukan melarangnya karena berasal dari Amerika Serikat melainkan kandungan erythrosine atau yang dikenal oleh orang Amerika FD&C Red No.3. Meses ini dilarang digunakan dengan makanan ceri koktail atau telur Paskah.

17. Kacang kedelai

Selama beberapa dekade terakhir, kacang kedelai menjadi alternatif sebagai makanan dengan peminatan produk yang cukup banyak. Akibat nya petani Amerika Serikat memilih untuk memodifikasi tanaman mereka secara genetik untuk meningkatkan jumlah setiap panennya agar mempercepat proses pertumbuhannya.

Akibat dari proses tersebut kacang kedelai ini dapat meningkatkan risiko kanker, bahan kimia yang digunakan untuk memodifikasi kedelai telah dilarang di sejumlah negara termasuk Uni Eropa.

18. Garam dan Lada

Sifat garam dan lada serta rempah-rempah ini dilarang di luar angkasa Butiran garam dan lada bisa berbahaya bagi peralatan elektronik dan aroma makanan dari garam dan lada dapat merusak sekitar nya ketika perjalanan ke luar angkasa untuk itu sebagai gantinya ketika hendak pergi keluar angkasa mereka diberi cairan yang diinfuskan dengan garam dan merica.

19. Kentang tumbuk instan

Makanan simpel dan cepat ini banyak diminati banyak orang. Tetapi untuk beberapa negara kentang tumbuk ini dilarang karena mengandung Butylated Hydroxyanisole (BHA), pengawet yang terdapat hampir semua kemasan karet. BHA juga merupakan karsinogen manusia potensial yang telah dilarang di sejumlah negara di seluruh dunia termasuk Uni Eropa

20. Hot Dog

Studi 2014 menyimpulkan bahwa sekitar 14% siswa Abu Dhabi kelebihan berat badan, Pemerintah UEA mengambil tindakan untuk mengurangi dan mencegah obesitas pada anak dengan melarang dan membatasi makanan tinggi lemak jenuh, gula, natrium, dan rasa buatan untuk dan mendorong makanan lebih sehat.

Hot Dog menjadi makanan yang tinggi lemak jenuh dan sodium yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu dilarang oleh Uni Emirat Arab .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro