Ilustrasi kesehatan mental terganggu saat pandemi Covid-19/Freepik.com
Health

10 Cara untuk Menjaga Kesehatan Mental

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 25 Maret 2023 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan mental masih menjadi persoalan hingga saat ini. Adapun munculnya stigma negatif perihal kondisi kesehatan mental. 

Padahal, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik karena kondisi mental atau pemikiran yang buruk akan berdampak bagi kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan mental diri sendiri. 

Dilansir dari kemkes.go.id, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Ini 10 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental yang dilansir dari uhs.umich.edu: 

1. Hargailah diri Anda sendiri

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental itu mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Anda perlu memperlakukan diri Anda dengan kebaikan dan rasa hormat. Anda juga perlu menghindari mengkritik diri sendiri. 

Luangkan waktu untuk hobi dan proyek favorit Anda, atau perluas wawasan Anda. di samping itu, Anda juga dapat mengerjakan  teka-teki silang harian, tanamlah kebun, ikuti pelajaran menari, belajar memainkan alat musik, atau fasih berbahasa lain.

2. Jaga kesehatan tubuh Anda

Merawat diri Anda secara fisik dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. misalnya dengan makan makanan yang bergizi, tidak merokok, dan minum air yang banyak. Selain itu, penting untuk berolahraga karena dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati. Di samping melakukan aktivitas, Anda juga perlu tidur yang cukup untuk menghindari depresi. 

3. Dekatkan diri Anda dengan orang-orang yang baik

Kesehatan mental Anda akan terjaga dengan memiliki membangun hubungan yang baik dengan keluarga atau lingkungan sosial. Untuk itu, Anda perlu meluangkan waktu dan mencari kegiatan dengan orang terdekat untuk menjaga kesehatan mental. 

4. Berikan diri Anda sendiri

Luangkan waktu dan energi Anda untuk membantu orang lain. Hal tersebut akan membantu Anda untuk bertemu dengan orang baru dan dengan  nantinya Anda akan merasa senang karena Anda dapat melakukan suatu tindakan yang nyata untuk membantu seseorang yang membutuhkan.

5. Pelajari bagaimana cara mengatasi stres

Stres adalah bagian dari hidup yang tidak dapat Anda hindari. Untuk itu, Anda perlu mengatasinya dengan melakukan hal yang bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Seperti misalnya berolahraga, berjalan-jalan di alam, bermain dengan hewan peliharaan Anda, atau cobalah menulis jurnal untuk mengurangi stres. 

Selain itu, Anda juga perlu tersenyum dan melihat humor dalam hidup. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meringankan rasa sakit, merilekskan tubuh, dan mengurangi stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro