Ilustrasi kesehatan mental terganggu saat pandemi Covid-19/Freepik.com
Health

10 Cara untuk Menjaga Kesehatan Mental

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 25 Maret 2023 - 12:18
Bagikan

6. Tenangkan pikiran Anda

Anda dapat mencoba untuk melakukan meditasi dan berdoa karena dengan melakukan hal tersebut dapat meningkatkan kondisi pikiran dan pandangan hidup Anda. sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan bermeditasi, tubuh Anda akan tenang dan meningkatkan efek terapi. 

7. Tentukan tujuan yang realistis

Untuk mewujudkan tujuan, Anda perlu menentukan suatu hal yang ingin Anda capai  secara akademis, profesional, dan pribadi. Buatlah target yang tinggi, tetapi tetap realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan menuliskan langkah yang ingin dicapai, nantinya Anda akan menikmati dan menghargai apa yang telah Anda tentukan sebelumnya. 

8. Hilangkan suasana yang monoton

Rutinitas yang kita jalani sehari-hari terkesan efisien dan meningkatkan rasa aman. Namun, tak ada salahnya untuk membuat suatu perubahan agar aktivitas sehari-hari tidak monoton. Anda perlu mencoba hal baru dalam hidup Anda dengan begitu Anda dapat menjaga kesehatan mental Anda.

9. Hindari alkohol dan obat-obatan lainnya

Terkadang orang menggunakan alkohol dan obat-obatan lain untuk "mengobati diri sendiri.” Namun, hal itu justru akan memperparah keadaan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghindari diri dari alkohol dan obat terlarang lainnya untuk kesehatan Anda.

10. Mintalah bantuan ketika Anda membutuhkannya

Mencari bantuan bukan berarti Anda lemah. Perlu diingat bahwa pengobatan itu adalah cara yang efektif. Orang yang mendapatkan perawatan yang tepat dapat pulih dari penyakit mental dan kecanduan serta menjalani kehidupan yang lebih baik kedepannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro