Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Penting untuk Diketahui - Freepik
Health

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang Ampuh

Nuraini
Minggu, 26 Maret 2023 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir semua orang mengalami bau mulut saat puasa.

Kondisi ini sebenarnya hal yang wajar, namun seringkali bau mulut bisa menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Hadits Bau Mulut Orang Puasa

Sering kita dengar bahwa aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi dari misik atau minyak wangi. Lantas, apakah hal tersebut benar?

Mengutip dari islam.nu.or.id, ternyata ada hadits yang menerangkan seputar bau mulut orang puasa. Adapun bunyi hadits tersebut, seperti berikut:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

Artinya:

“Demi Zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.”

Meskipun terdapat hadits yang menyebutkan bahwa aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi dari misik, bukan berarti kita abai dengan kebersihan mulut ketika berpuasa. Perlu dipahami bahwa saat membaca hadits tersebut bukan secara tekstual, melainkan maknanya.

Al-Bujairimi dalam Tuhfatul Habib ala Syarhil Khatib, menerangkan bahwa;

قَوْلُهُ: (أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ) أَيْ أَطْيَبُ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ الْمَطْلُوبِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَالْعِيدَيْنِ أَيْ أَكْثَرُ ثَوَابًا مِنْ ثَوَابِ رِيحِ الْمِسْكِ الْمَطْلُوبِ، فَلَا يَرِدُ أَنَّ الشَّمَّ مُسْتَحِيلٌ عَلَيْهِ تَعَالَى، أَوْ مَعْنَى كَوْنِهِ أَطْيَبَ عِنْدَ اللَّهِ ثَنَاؤُهُ تَعَالَى عَلَيْهِ وَرِضَاهُ بِهِ

Artinya:

 “Yang dimaksud dalam qaul ‘lebih wangi menurut Allah’ adalah lebih wangi daripada bau minyak misik yang diperintahkan untuk memakainya ketika hari Jumat dan dua shalat Id, atau maksudnya adalah pahalanya lebih banyak daripada pahala menggunakan minyak misik pada hari Jumat atau dua hari raya. Sungguh, mencium adalah hal yang mustahil bagi Allah SWT sehingga yang dimaksud dengan ‘lebih wangi menurut Allah’ adalah pujian dan ridha-Nya terhadap orang yang berpuasa.”

Selain itu, ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa wangi atas bau mulut orang yang sedang berpuasa akan terjadi di akhirat saat hari pembalasan. Al-Qadhi Iyadh menerangkan bahwa kelak di akhirat Allah akan membalas orang yang puasa dengan wangi di mulutnya mengalahnya wanginya misik.

Kenapa Orang Puasa Mulutnya Bau?

Sementara itu, menurut kesehatan bau mulut saat berpuasa ternyata ada penyebabnya. Dalam situs upk.kemkes.go.id, penyebab bau mulut saat puasa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Makanan yang memiliki aroma menyengat bisa membuat bakteri berkembang dengan sangat cepat. Selain itu, bau mulut juga bisa diakibatkan karena yang bersangkutan memiliki penyakit maag atau diabetes.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Secara Alami

Bau mulut saat sedang berpuasa ternyata bisa diatasi dengan cara alami. Berikut ini beberapa cara agar tidak bau mulut saat puasa.

1. Menyikat gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang pertama dengan menyikat gigi. Bau mulut bisa diakibatkan adanya penumpukan makanan pada gigi. Maka dari itu, cara agar mulut tidak bau saat puasa yaitu dengan menyikat gigi sampai bersih bahwan hingga ke sela-sela gigi. Akan tetapi, jika Anda menyikat gigi saat siang hari, pastikan pasta gigi dan air tidak tertelan.

2. Berkumur-kumur menggunakan mouthwash

Cara supaya mulut tidak bau saat puasa juga bisa berkumur-kumur menggunakan mouthwash. Pastikan menggunakan obat kumur yang bisa membunuh bakteri jahat di mulut. Dengan demikian, mulut akan lebih segar dan terasa bersih.

3. Mencukupi kebutuhan cairan

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang terakhir dengan cukupi kebutuhan cairan. Saat puasa, cairan dalam tubuh akan berkurang di siang hari. Maka dari itu, kita perlu mencukupi kebutuhan cairan di malam harinya. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mencukupi kebutuhan cairan juga bisa menjadi salah satu cara agar puasa tidak bau mulut.

Ketika cairan terjaga, maka produksi air liur terjaga dengan baik. Dengan demikian, baru mulut ketika puasa bisa dicegah.

Itulah penjelasan seputar hadits, penyebab, hingga tips agar tidak bau mulut saat puasa yang bisa Anda terapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro