Sariawan adalah sakit pada area mulut yang bisa menyebabkan bau mulut/North Sydney
Health

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Salma Permata Dewi
Sabtu, 25 Maret 2023 - 09:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bau tidak sedap pada mulut biasa terjadi pada kita, terutama saat berpuasa. Hal-hal lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah mengonsumsi makanan dan minuman dengan bau yang kuat, masalah pada gigi atau gusi, merokok, mulut kering, gerd, dan lainnya.

Dilansir dari thenationalnews.com, Sabtu (25/3/2023) menurut ahli kesehatan gigi di Dubai Ciara Hendy, penyebab bau tidak sedap adalah mulut yang kering. Saliva atau air liur memiliki peran penting dalam melindungi mulut dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

Selama puasa, air liur mengalami pengurangan sehingga mulut memiliki lebih sedikit perlindungan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Berikut cara agar tidak bau mulut saat puasa:

1. Minum yang cukup

Minum air yang cukup dapat mengatasi dehidrasi dan bau mulut saat puasa. Minumlah 2 hingga 3 liter per hari saat buka puasa hingga sahur. 

2. Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan dehidrasi

Untuk menjaga cairan di tubuh atau menghindari dehidrasi, Anda perlu menghindari konsumsi teh, kopi, minuman berkafein lainnya, garam dan gula berlebih, dan makanan dan minuman penyebab dehidrasi lainnya.

3. Jangan langsung sikat gigi setelah makan

Menggosok gigi langsung setelah makan itu tidak direkomendasikan. Tunggu sekitar 30 hingga 60 menit agar bakteri alami yang ada di mulut mencerna makanannya. Menggosok gigi langsung setelah makan dapat merusak enamel gigi sehingga mulut menjadi bau.

4. Pastikan mulut bersih seharian

Mulut bersih dari sisa-sisa makanan dapat mengurangi dan menghilangkan bau. Anda bisa menggosok gigi secara sempurna dan menyeluruh. Tidak hanya gigi, gosoklah lidah dan gunakan obat kumur untuk hasil mulut bersih secara maksimal.

5. Hindari makanan yang berbau tajam

Makanan berbau tajam, seperti bawang-bawangan, ikan, dan yang mengandung kafein dapat mengakibatkan bau mulut seharian. Jika makan-makanan dengan bau tajam, atasi dengan minum air yang cukup.

6. Konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan probiotik, seperti yogurt

Ketiga jenis makanan ini memiliki manfaat yang banyak, salah satunya mengurangi bau tidak sedap dalam mulut karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Vitamin dan nutrisi dalam buah, sayur, dan probiotik memiliki fungsi melindungi dan membunuh bakteri pada mulut.

7. Kunjungi dokter gigi

Jika mulut masih bau, kunjungilah dokter gigi untuk melihat masalah mulut yang dihadapi oleh Anda. Karang gigi, sariawan, gusi bengkak, gigi berlubang, dan masalah lainnya dapat menjadi penyebab bau pada mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro