8 Ikan Paus Terbesar di Dunia, Apa Saja_ (pixabay)
Travel

8 Ikan Paus Terbesar di Dunia, Apa Saja?

Nuraini
Senin, 3 April 2023 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Paus merupakan salah satu hewan paling besar di dunia. Lantas, apa jenis ikan paus terbesar di dunia? Untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Paus Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah

Paus merupakan hewan yang tinggal di dalam air. Habitat hewan ini tersebar di berbagai perairan dunia, tak terkecuali Indonesia. Mengutip dari americanoceans.org, berikut ini beberapa jenis ikan paus terbesar di dunia.

1. Paus biru

Paus biru merupakan hewan laut yang memiliki panjang 29,9 meter atau 99 kaki. Tak hanya menjadi paus paling besar, paus biru juga termasuk hewan terbesar di dunia.

Ikan paus terbesar di dunia ini memiliki warna biru keabu-abuan dengan tubuh panjang dan ramping. Bentuk tubuh tersebut membuat mereka bisa berenang dengan mudah di dalam laut.

Saat musim panas, paus ini akan berpindah di dekat kutub untuk mencari makan. Sedangkan saat musim dingin, Anda bisa menemukan hewan besar ini di perairan tropis untuk berkembang biak.

2. Paus sirip

Ikan paus yang terbesar di dunia berikutnya yaitu paus sirip dengan panjang antara 61 sampai 66 kaki. Disebut sebagai paus sirip karena pada paus ini memiliki sirip khusus di bagian punggung dekat ekor.

Tubuh paus ini ramping dan bentuk kepalanya V. Ikan paus terbesar di dunia ini berwarna hitam atau coklat tua pada bagian punggung dan bagian bawahnya berwarna putih. Di alam, paus ini memangsa ikan kecil, cumi-cumi, krustasea, dan krill.

3. Paus sperma

Paus sperma juga termasuk jenis ikan paus terbesar dunia. Panjang paus ini 52 kaki dengan berat 80.000 pon. Hewan ini memiliki kepala yang besar dengan warna tubuh abu-abu tua. Beberapa jenis paus sperma terkadang memiliki warna bercak putih pada perutnya.

Satu ekor paus sperma memerlukan makanan setiap hari sekitar 3 – 3,5% dari berat tubuhnya. Jenis makanan ikan paus terbesar di dunia satu ini yaitu hiu, cumi-cumi, skate, dan ikan.

4. Paus kanan Atlantik Utara

Ikan paus ini memiliki panjang 46 kaki. Paus ini mempunyai tubuh kekar berwarna hitam. Ikan ini memiliki lubang sembur berbentuk V di punggung.

Hewan besar ini tidak mempunyai sirip dan ekornya melekuk ke dalam. perut mereka berwarna hitam atau hitam dengan bercak putih.

5. Paus bowhead

Ikan paus terbesar di dunia selanjutnya yaitu paus bowhead. Ikan paus ini memiliki panjang 60 kaki. Paus ini memiliki tengkorak berbentuk segitiga yang besar. Organ tubuh ini biasanya digunakan untuk memecahkan es di perairan Arktik dan subarktik.

Paus ini juga mudah dikenali karena memiliki dagu berwarna putih dan tubuh yang gelap. Ikan ini tidak memiliki sirip punggung dan kepalanya berukuran sepertiga dari panjang tubuhnya.

6. Paus bungkuk

Ikan paus terbesar di dunia berikutnya yaitu paus bungkuk. Panjang hewan ini sekitar 46-56 kaki. Umumnya, paus bungkuk memiliki warna abu-abu atau hitam dan bagian perutnya berwarna putih.

Paus bungkuk betina memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan paus jantan. Sebagian besar, spesies hewan ini berjenis kelamin jantan.

7. Paus sei

Puas sei memiliki panjang 60 kaki. Spesies pus ini memiliki tubuh berwarna abu-abu tua. Di alam, paus ini biasa memakan copepoda dan krill, ikan, serta cephalopoda. Biasanya, seekor paus sei bisa mengkonsumsi makanan 2000 pon setiap harinya.

8. Paus abu-abu

Ikan paus terbesar di dunia lainnya yaitu paus abu-abu. Ikan paus ini memiliki panjang 39 kaki. Sesuai dengan namanya, ikan besar ini memiliki tubuh berwarna abu-abu dan berbintik-bintik. Mata ikan ini berukuran kecil dan berada di atas sudut mulut. Sirip dada ikan paus ini lebar untuk mempermudah mereka berenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro