10 Ikan Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp6,175 MIliar (pixabay)
Travel

10 Ikan Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp6,175 MIliar

Nuraini
Senin, 3 April 2023 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada dasarnya harga ikan paling mahal berasal dari golongan hiu dan tuna. Akan tetapi, ikan-ikan tersebut merupakan jenis ikan konsumsi dan bukan peliharaan atau untuk aquarium. Terlebih lagi, harga ikan konsumsi biasanya cenderung lebih berfluktuasi.

Dilansir dari hypebeast.com ikan paling mahal di dunia adalah Bluefin Tuna yang berhasil dijual dengan harga $275.000 atau sekitar Rp 4,25 Miliar untuk ikan berbobot 212 kg di Toyosu Fish Market, Tokyo, Jepang pada tahun 2022 lalu. Apabila Bluefin Tuna menjadi ikan termahal dari jenis konsumsi, lantas apa jenis  ikan termahal di dunia dari ikan peliharaan akuarium? Berikut kami rangkum ke dalam 10 ikan termahal di dunia untuk peliharaan.

Daftar Ikan Termahal di Dunia

1. Platinum Arowana (Rp6,175 Miliar) 

Ikan arwana platinum kerap dijuluki sebagai ikan naga. Ikan termahal di dunia ini berwarna metalik ini juga masuk ke dalam spesies yang terancam punah. Arwana Platinum dapat hidup hingga 60 tahun di penangkaran dan dapat lebih apabila hidup di alam liar.

2. Polka Dot Stingray (Rp1,543 Miliar)

Ikan pari polkadot, hidup di air tawar dengan habitat asli di lembah Sungai Xingu di Brasil, Amerika Selatan. Ikan pari ini memiliki karakteristik bercak putih dengan warna dasar coklat tua. Ikan ini juga masuk ke daftar ikan terancam punah.

3. Peppermint Angelfish (Rp463,2 Juta)

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna seperti permen dengan garis-garis merah dan putih. Ikan ini memiliki bentuk tubuh oval. Habitat dari ikan ini berada di Samudra Pasifik Selatan tepatnya di kedalaman 120 meter.

4. Masked Angelfish (Rp463,2 Juta)

Ikan termahal di dunia ini memiliki warna sisik seputih salju dengan ciri khas warna kuning di bagian kepala seperti sedang memakai topeng. Habitat asli dari ikan ini yaitu di sekitar kepulauan Hawaii Barat Laut. Harga ikan ini mahal karena sulit ditemukan di habitat aslinya yaitu perairan dalam.

5. Bladefin Basslet (Rp154,3 Juta)

Ikan berwarna putih-merah dengan ukuran 3 cm ini tergolong ke dalam ikan paling langka di dunia. Habitat dari ikan ini adalah laut karibia dan samudra atlantik barat. Ikan termahal di dunia ini juga susah untuk ditangkap karena memiliki habitat di kedalaman lebih dari 244 meter.

6. Neptune Grouper (Rp108 Juta)

Ikan paling mahal di dunia berikutnya yaitu neptune grouper. Ikan kerapu yang satu ini dijual mahal karena warna uniknya. Ikan ini berwarna jingga kemerah-merahan dan kuning dengan garis-garis putih dan bintik-bintik hitam.

7. Platinum Alligator Gar (Rp108 Juta)

Ikan termahal di dunia ini merupakan kerabat dari Golden Alligator Gar. Perbedaannya hanya terletak pada warna sisiknya saja. Seperti namanya, ikan ini memiliki warna sisik putih mengkilap bak platinum. Karena warnanya tersebut, terkadang ikan ini disebut sebagai “fosil hidup” ditambah lagi umurnya yang dapat mencapai 50 tahun.

8. Golden Alligator Gar (Rp108 Juta)

Ikan aligator yang satu ini memiliki ciri khas berwarna emas cerah dengan tubuh panjang dan ramping. Seperti ikan aligator lainnya, Golden Alligator Gar memiliki deretan gigi yang tajam. Akan tetapi, ikan ini tergolong ikan yang tidak terlalu agresif.

9. Perch Flathead (Rp77,2 Juta)

Seperti namanya, ikan ini memiliki kepala yang terlihat gepeng atau datar. Ikan termahal di dunia ini berwarna jingga gelap dengan garis-garis berwarna putih keunguan serta warna kuning pada sirip dan punggungnya. 

10. Wrought Iron Butterflyfish (Rp41,6 Juta)

Di posisi ke-10, ada wrought iron butterflyfish yang menjadi salah satu ikan termahal di dunia. Ikan ini memiliki ciri khas warna metalik berkilau seperti besi. Butterflyfish ini memiliki habitat di lepas pantai Jepang. 

Harga ikan ini melambung naik karena adanya pembatasan distribusi di luar Jepang. Ikan ini juga masuk dalam daftar merah spesies ikan yang terancam punah versi IUCN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro