Kencan /istimewa
Relationship

Ini 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menghancurkan Hubungan

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 8 April 2023 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah menjadi hal yang biasa bahwa orang akan cenderung memperlihatkan kelebihan kepada calon pasangan. Hal itu dikarenakan kita ingin menampilkan yang terbaik pada calon pasangan

Namun, cepat atau lambat, kekurangan yang dijaga seminimal mungkin akan mulai muncul dalam hubungan. Untuk mengakui adanya kekurangan dalam diri, Anda mungkin akan lebih sering menunjukkan sisi ketidaksempurnaan kepada pasangan yang dapat menyebabkan perselisihan antara Anda dan pasangan Anda. 

Refleksi dari itu perlu dan membantu untuk pertumbuhan diri Anda. Namun, ternyata terdapat cara kritik diri yang dapat merusak hubungan Anda.

Ini cara kritik diri yang salah melansir dari yourtango.com:

1. Anda menggunakan kritik diri Anda sebagai alasan 

Meskipun mungkin berguna untuk mengingatkan pasangan bahwa ada hal-hal tertentu yang memang bukan keahlian Anda. Namun, menggunakan kritik diri sebagai cara untuk keluar dari melakukan sesuatu secara terus-menerus tidak baik untuk hubungan Anda.

Jika Anda merasa sangat tidak mampu melakukan sesuatu, hal yang terbaik adalah mengungkapkan kekhawatiran itu kepada pasangan Anda. Terbuka mengenai hal apa yang nyaman dan tidak agar hubungan Anda tetap berjalan dengan baik. 

2. Anda tidak berusaha memperbaiki kelemahan diri Anda

Tidak belajar dari kesalahan atau kelemahan dari dalam diri Anda  pasti dapat mendatangkan malapetaka pada hubungan Anda. Anda perlu menerima kritik dari pasangan sebagai pembelajaran dan terus melakukan hal positif dan menghindari hal negatif yang dapat merusak hubungan Anda. 

3. Anda terus-menerus terpengaruh secara emosional oleh kritik diri Anda

Ketidakmampuan yang Anda rasakan atau alami dapat menjadi penghalang dalam suatu hubungan dengan seseorang yang Anda anggap sebagai bagian penting dalam hidup Anda, hanya karena Anda membuat diri Anda merasa kurang.

Untuk itu, pasangan Anda harus mendukung ketika Anda memiliki perasaan tersebut, disamping Anda tetap memperbaiki diri Anda. Namun, jika Anda mengalami lebih banyak perasaan sedih daripada biasanya dan Anda merasa berisiko mengalami depresi, Anda bisa melakukan terapi untuk mengatasi masalah yang sedang dialami. 

4. Anda mulai membawa kritik kepada pasangan Anda dan situasi eksternal lainnya

Dalam hubungan yang sehat dan seimbang, termasuk hubungan dengan diri sendiri, Anda dapat belajar untuk memanfaatkan kelebihan Anda untuk mengatasi kelemahan Anda dan melihat hal yang baik dalam diri Anda, yang kemudian dapat diterapkan untuk melihat hal yang baik dalam diri orang lain dan lingkungan sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro