Pemandangan halaman Masjid Istiqlal di Jakarta/Bisnis/Arief Hermawan P
Fashion

10 Hari Terakhir, Masjid Istiqlal Dibuka 24 Jam Buat Itikaf

Newswire
Selasa, 11 April 2023 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabag Umum dan SDM Masjid Istiqlal Ismail Cawidu mengatakan Masjid Istiqlal dibuka selama 24 jam per hari Selasa (11/4) hingga menjelang Hari Raya Idulfitri bagi jamaah yang akan beribadah termasuk itikaf.  

"Ya betul mulai malam ini kegiatannya," kata Ismail ketika ditanya soal jam buka dan persiapan itikaf di Masjid Istiqlal dalam pesan singkat kepada Antara yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ismail mengatakan, Istiqlal dibuka selama 24 jam untuk mengakomodir para jamaah yang hendak memaksimalkan sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan untuk beribadah, diantaranya adalah iktikaf.

Sebelumnya Masjid Istiqlal hanya aktif melayani jamaah yang ingin beribadah mulai pukul 03.00 WIB hingga 23.00 WIB. Menginjak 10 hari terakhir Ramadan 1444 H Masjid Istiqlal membuka masjid selama 24 jam.

Menurut dia, tahun ini sebanyak 400 jamaah  sudah mendaftar sebagai peserta kegiatan itikaf yang sudah melalui seleksi.

"Kita telah seleksi dengan mempertimbangkan kesehatan jasmani dan rohani serta yang siap tidak pulang selama sepuluh hari," kata Ismail. 

Ismail mengatakan para jamaah yang telah mendaftar sebagai peserta kegiatan itikaf akan diberikan akomodasi seperti tempat menginap, makan sahur dan buka puasa, serta kegiatan penunjang itikaf seperti qiamulail.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal menyiapkan kuota sebanyak 300 jamaah bagi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan itikaf, namun peserta membludak pada tahun ini sehingga pihak Masjid Istiqlal menambah kuotanya menjadi 400 jamaah.

"Bagi para jamaah yang belum mendaftar dipersilahkan untuk melakukan iktikaf secara mandiri namun dengan membawa kebutuhannya masing-masing," imbuhnya.

Dalam ibadah sepuluh hari terakhir kali ini Masjid Istiqlal memiliki tema "Istiqlal beri'tikaf dan Qiyamullail. Mari hidupkan malam, raih ampunan, dan gapai Lailatul Qadar"

Ibadah pertama qiamulail malam ini di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan pada pukul 00.30 WIB sampai dengan 03.00 WIB yang diisi dengan pembacaan Al Quran, tausiah dari Imam Besar Masjid Istiqlal, Shalat Tasbih, Shalat Tahajjud, Shalat Witir, dan ditutup dengan doa dan muhasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro