Ilustrasi menu makanan sehat. Mengembalikan dan menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang penting untuk dilakukan setelah Idulftri atau Lebaran. / Dok. Freepik.
Health

Tips Mengembalikan Pola Hidup Sehat Usai Lebaran

Arlina Laras
Selasa, 25 April 2023 - 15:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Libura Lebaran Idulfitri 2023 memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, momen ini juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. 

Banyaknya hidangan selama membuat orang cenderung mengonsumsi makanan secara berlebihan. Ditambah lagi, kebanyakan orang cenderung menghabiskan waktu di rumah saja, tanpa melakukan aktivitas fisik yang cukup. 

Akibatnya, berat badan bisa naik secara signifikan dan gangguan pencernaan pun bisa muncul. 

Oleh karena itu, setelah melewati momen Lebaran, perlu untuk memperbaiki pola makan dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut tips mengembalikan gaya hidup sehat setelah Lebaran agar kondisi tubuh tetap terjaga:

  • Jaga pola makan

Makanan Lebaran biasanya mengandung banyak gula dan garam yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan berbagai masalah kesehatan. Untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, kurangi konsumsi gula dan garam dalam makanan Anda. 

Usahakan juga untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi yang dapat meningkatkan risiko obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

  • Jangan melewatkan sarapan

Sarapan adalah waktu yang penting untuk memberikan energi pada tubuh. Pastikan untuk sarapan dengan makanan yang sehat dan bergizi.

  • Batasi porsi makan

Makan dalam porsi kecil tapi sering dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

  •  Pilih makanan yang sehat

Setelah lebaran, pilihlah makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein rendah lemak seperti ikan atau ayam tanpa kulit. Hindari makanan yang digoreng atau berlemak tinggi.

  • Minum air putih yang cukup

 Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Hindari minuman yang mengandung gula atau alkohol yang dapat meningkatkan kalori dan membuat Anda cepat merasa lapar.

  • Rutin berolahraga

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Lakukan olahraga yang Anda sukai setidaknya 30 menit setiap hari untuk membantu membakar kalori dan mempercepat metabolisme tubuh.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Hindari begadang dan usahakan tidur minimal 7-8 jam setiap malam.

  • Cek kesehatan secara berkala

Setelah lebaran, sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui kondisi tubuh dan mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Ada sejumlah pemeriksaan yang bisa dilakukan, mulai dari tes kadar gula darah, kolesterol, fungsi hati dan ginjal serta kadar asam urat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro