Wisata Puncak/Taman Safari Indonesia
Travel

Libur Lebaran 2023, Pengunjung Taman Safari Tembus 30.000 Orang

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 25 April 2023 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu tempat wisata di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat yakni Taman Safari Indonesia (TSI) mencatat lonjakan pengunjung hingga 50 persen pada momentum libur Lebaran 1444H/2023

GM TSI Bogor Emeraldo Parengkuan mengatakan tingkat kunjunan naik dari libur weekend yang biasanya hanya menyentuh 6.000 orang kini menjadi 12.000 orang pada 24 April 2023. 

"Untuk hari pertama kemarin kunjungannya sekitar 7.000 orang [22 April/lebaran], hari kedua 23 April kemarin 10.000 orang dan hari ini di kisaran 12.000 orang [24 April]," kata Emeraldo kepada Bisnis, dikutip Selasa (25/4/2023). 

Dia memprediksi bahwa pada puncak kunjungan terjadi pada 24 April 2023, sebab 25 April merupakan hari terakhir cuti bersama. 

Taman Safari telah mengantisipasi terjadinya lonjakan kunjungan, salah satunya dengan menyiapkan tambahan kantong parking di berbagai titik area wisata di Taman Safari. 

"Langkah antisipasi lonjakan pengunjung yang kami lakukan sejauh ini sudah 100 persen dengan penambahan kantung-kantung parkir tambahan di seluruh area titik wisata di Taman Safari Bogor," ujarnya. 

Taman Safari juga telah berkoordinasi dengan aparat wilayah, termasuk Kepolisian untuk meningkatkan pengamanan lalu lintas dan kenyamanan Kawasan Puncak selama libur panjang Lebaran 2023. 

"Pemetaan terkait situasi dan kondisi sudah kami lakukan. Koordinasi dengan Polri dan aparatur wilayah juga sudah diintensifkan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan selama libur Lebaran 2023,” ungkapnya. 

Taman Safari Bogor menyediakan beberapa wahana untuk para pengunjungnya, seperti Safari Journey dengan sensasi berkeliling dan berinteraksi dengan satwa-satwa unik dunia. 

"Bisa melihat langsung singa, harimau hingga macan yang akan menjadi pengalaman dalam hidup. Selain itu, juga memberi makan jerapah, onta hingga zebra yang sering kita tonton di film-film box office," terangnya. 

Kemudian, wahana lainnya, yaitu Visit Istana Panda. Istana Panda, kata dia, sudah hampir lima tahun berdiri di jajaran Pegunungan Gede Pangrango. 

Di Istana Panda, terdapat dua ekor panda raksasa yang berasal dari China bernama Hu Chun dan Cai Tao. Keduanya didatangkan dari negeri tirai bambu pada 28 September 2017. 

"Selain melihat tingkah jenaka Hu Chun dan Cai Tao, sahabat satwa juga bisa melihat satwa khas China dan menonton teater dokumenter. Jadi berasa di Beijing," kata dia. 

Lalu, wahana lainnya yaitu Konservasi Satwa Baby Zoo. Spot mini zoo di Taman Safari Bogor ini juga menyimpan ratusan satwa dari berbagai belahan dunia. Beberapa satwa di antaranya seperti jaguar hingga harimau india. 

“Pengunjung bisa berfoto dan berinteraksi secara langsung dengan kanguru Australia hingga ular sanca, lemur sampai macan di Konservasi Satwa Baby Zoo,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro