Asap membumbung di Omdurman, dekat Jembatan Halfaya, selama bentrokan antara Pasukan Dukungan Cepat Paramiliter dan tentara, Sudan 15 April 2023./Reuters
Travel

Dari Afganistan hingga Sudan, Simak Daftar 20 Negara Paling Berbahaya 2023

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 30 April 2023 - 18:30
Bagikan

11. Sudan

Sudan merupakan salah satu negara paling berbahaya di dunia karena telah menderita kekerasan dan konflik selama bertahun tahun dan situasinya semakin memburuk.

Perang saudara yang telah terjadi di Sudan pada tahun 1983 telah merenggut korban jiwa sebanyak 2 juta orang. Pemerintah Sudan juga telah dituduh melakukan genosida di wilayah Darfur yang mengakibatkan jutaan orang mengungsi.

12. Korea Utara

Korea Utara masuk ke dalam daftar negara berbahaya 2023. Korea Utara memiliki Rudal yang dapat memicu peperangan antar negara. Uji Rudal yang sering dilakukan oleh Korea Utara merupakan peringatan untuk negara-negara lain yang ingin melawannya,

Uji rudal ini sering kali melewati negara tetangganya yaitu Korea Selatan, dan Jepang yang menjadi waspada terhadap rudal yang diberikan oleh Korea Utara. Hal tersebut membuat Korea Utara masuk ke dalam kategori negara berbahaya karena uji rudal dan senjata militernya yang dianggap cukup kuat untuk melawan negara lain.

13. Libya

Libya merupakan negara berbahaya tahun 2023. Negara ini dinilai tidak mampu memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional. Sementara itu bentrok antar pendukung pemerintah di Libya menewaskan sekitar 23 orang.

Kejadian ini memicu kekhawatiran krisis politik dengan senjata-senjata yang ditembakkan dan juga diledakkan di ibu kota yang dapat merusak ibukota Libya.

14. Mali

Mali merupakan negara berbahaya 2023 yang telah mengalami pemberontakan antar kelompok bersenjata dan non-bersenjata. Lebih dari 30.000 orang telah mengungsi ke Menaka di Mali timur sejak tahun 2022 akibat bentrokan antara dua kelompok tersebut.

15. Ethiopia

Negara ini termasuk kedalam kategori negara berbahaya 2023. Ethiopia merupakan negara yang dilanda kelaparan dan kemiskinan hampir sepanjang sejarahnya. Masyarakat Ethiopia telah mengalami kelaparan yang mengakibatkan kematian pada anak-anak sehingga negara ini membutuhkan bantuan dari negara-negara lainnya.

16. Venezuela

Venezuela masuk ke dalam daftar negara berbahaya 2023. Jaksa Penyelidikan Kriminal Internasional (ICC) membuka penyidikan atas kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan di Venezuela.

Venezuela menghadapi keadaan darurat kemanusiaan yang parah dengan jutaan orang yang tidak dapat mengakses perawatan kesehatan yang memadai. Kejahatan yang terjadi di Venezuela adalah pihak berwenang yang melecehkan dan menganiaya jurnalis, pembela hak asasi dan organisasi masyarakat sipil.

17. Pakistan

Pakistan menjadi salah satu negara paling berbahaya di dunia tahun 2023. Pasalnya negara ini memiliki senjata nuklir yang paling berbahaya di dunia serta keamanan protokol yang kurang membuat negara ini menjadi salah satu negara berbahaya di dunia.

18. Burkina Faso

Negara ini masuk ke dalam negara berbahaya 2023. Sekitar 44 orang tewas setelah dua serangan mematikan di Burkina Faso. Serangan tersebut terjadi di desa Kourakou dan Tondobi di wilayah Sahel dekat dengan perbatasan Niger. Selain itu terjadi kekerasan jihad yang oleh sekelompok teroris bersenjata.

19. Turki

Turki menjadi negara yang berbahaya 2023. Turki sering mengalami bencana alam sejak tahun 1939 yang menyebabkan 30 ribu orang meninggal dunia. Turki menjadi negara yang berada di persimpangan lempeng Anatolia, Arabia dan Afrika yang menyebabkan seringnya terjadinya bencana alam.

20. Kolombia

Colombia menjadi salah satu negara yang berbahaya 2023. Terjadi pelanggaran oleh kelompok bersenjata di Kolombia. Terbatasnya akses terhadap keadilan dan tingkat kemiskinan yang tinggi terutama di komunitas Pribumi dan keturunan Afro yang menjadi perhatian Hak Asasi Manusia yang serius di Kolombia. Hal tersebut membuat negara ini masuk kedalam negara berbahaya 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro