Raja Charles III/Forbes
Entertainment

Fantastis! Biaya Penobatan Raja Charles III Ditaksir Rp1,83 Triliun

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 7 Mei 2023 - 15:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua mata dunia akan tertuju dengan penobatan Raja Charles III yang tampil dengan kemegahan dan arak-arak khas Inggris yang memakan biaya fantastis.

Penobatan ini berlangsung di Westminster Abbey selama tiga hari mulai dari 6 Mei 2023 yang dilakukan di seluruh London dan Inggris raya dan akan berakhir pada hari libur umum yaitu pada 8 Mei 2023.

Biaya yang dikeluarkan untuk penobatan Raja Charles III ini mencapai US$125 juta atau setara dengan Rp1,83 triliun. Biaya tersebut merupakan biaya seremonial termahal pertama dalam 70 tahun bahkan lebih besar dibandingkan hari kematian Ratu Elizabeth II.

Penobatan ini berbeda dengan penobatan pada masa Ratu ELizabeth II yang mengundang 8.200 tamu yang menghadiri upacara nya pada tahun 1953 dan memakan biaya £912.000 atau setara dengan Rp16,9 miliar.

Namun, perayaan tersebut menjadi sorotan publik karena bertentangan dengan latar belakang ekonomi Inggris yang masih mengalami krisis biaya hidup terburuk dalam satu generasi.

Pihak Istana tidak memberikan angka pasti mengenai biaya penobatan ini karena Raja Charles yang memutuskan untuk mengadakan perayaan ini lebih kecil, lebih murah dan lebih representatif.

Upacara yang diadakan di Westminster Abbey berlangsung selama satu jam dan akan dihadiri oleh 2.000 sekitar seperempat dari jumlah yang hadir pada penobatan mendiang ratu Elizabeth II.

Pada saat penobatan Raja Charles akan menggunakan sejumlah permata mahkota yang digunakan selama upacara. Mahkota tersebut merupakan mahkota pertama yang diletakan di kepala Raja Charles saat penobatan dengan berat sekitar 2,2 kg.

Mahkota yang mewah tersebut dilapisi oleh batu rubi, batu kecubung, safir, dan dipasang dalam bingkai emas. Mahkota itu dibuat untuk penobatan Raja Charles II pada tahun 1661 dan dikenakan oleh Ratu Elizabeth selama penobatan pada tahun 1953.

Menghadirkan acara yang mewah dengan arak-arak dan menggunakan mahkota yang mewah ternyata acara penobatan yang dilakukan oleh Raja Charles III merupakan acara publik yang didanai oleh pemerintah Inggris dan akan menjadi salah satu pembayaran pajak Inggris.

Artinya penobatan ini secara resmi menggunakan pajak yang nantinya masyarakat harus membayar tagihan pajak yang telah terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro