IndoXXI, LK21, dan Ganool situs streaming film ilegal / Google
Entertainment

Hati-Hati! Ini Bahaya Nonton Film di Platform Ilegal Seperti LK21, dan IndoXXI

Salma Permata Dewi
Senin, 8 Mei 2023 - 18:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menonton atau streaming film di platform ilegal, seperti IndoXXI, LK21, atau lainnya adalah hal yang umum di Indonesia. Kementerian Kominfo pernah memblokir beberapa situs ilegal.

Pada 2019 dan 2020 lalu, ramai di internet bahwa Kementerian Kominfo banyak memblokir situs film ilegal karena dianggap sebagai pembajakan film.

Namun, hal itu tidak membuat internet di Indonesia bersih akan situs film ilegal. Masih banyak situs-situs lainnya yang bermunculan.

Walaupun sudah banyak platform film legal, seperti Netflix, Disney Hotstar, Prime Video, atau lainnya, yang ada di Indonesia, masih banyak yang memilih menonton di situs-situs ilegal.

Beberapa alasan yang mungkin mendasari dalam menonton film di situs ilegal adalah film yang ingin ditonton hanya ada di situs ilegal, situs ilegal gratis, atau banyak lagi. Padahal, menonton film di situs ilegal memiliki beberapa risiko.

Berikut adalah bahaya-bahaya menonton film di situs ilegal

1. Perangkat terkena virus

Perangkat yang digunakan dalam menonton film bisa terkena virus. Virus yang didapat dari situs ilegal bermacam-macam, ada yang bisa memunculkan iklan tiap waktu, ada yang tiba-tiba mengunduh software tak dikenal, dan lainnya.

2. Membuat internet lambat

Terkadang, situs-situs ilegal dapat menanamkan virus yang efeknya ke kecepatan internet. Tidak hanya internet yang melambat, perangkat Anda juga bisa melambat saat dioperasikan.

3. Mencuri data

Dilansir dari cybernews, situs web pembajak sering kali menggunakan trik tersembunyi yang dapat melakukan apa saja, seperti mencoba memasang perangkat lunak seperti keyloggers yang kemudian dapat melacak semua yang Anda ketik termasuk, kata sandi ke akun bank.

4. Banyaknya konten eksplisit

Situs ilegal yang memiliki banyak iklan biasanya menyematkan iklan dengan konten eksplisit yang bisa dilihat siapa pun, termasuk anak di bawah umur. Hal ini bisa membahayakan anak-anak, seperti trauma atau merusak perkembangan sosial dan interpersonal anak.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih situs-situs legal untuk menonton film. Selain untuk tidak mendukung pembajakan, risiko-risiko yang akan terjadi juga banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro