Contoh artikel pendidikan/ Pinterest
Relationship

Contoh Artikel Pendidikan dan Karakteristik yang Baik dan Benar

Wihana Kirana Jaya
Rabu, 10 Mei 2023 - 09:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Contoh artikel Pendidikan bisa menjadi bahan pembelajaran yang merupakan sumber ilmu pengetahuan. Dilansir dari KBBI, artikel memiliki makna berupa karya tulis yang dibuat secara lengkap. Tujuan pembuatannya yaitu untuk mempengaruhi, mendidik, meyakinkan, memberitahu dan menghibur pembacanya. 

Artikel merupakan sebuah esai yang sebenarnya lengkap dengan Panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui koran, majalah, buletin dan lain-lain. Tujuannya untuk menyajikan ide-ide dan fakta yang bisa mendidik, meyakinkan dan menghibur. 

Contoh Artikel Pendidikan dan Karakteristik yang Baik

1. Contoh Artikel Pendidikan 

Judul: Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan merupakan hal yang dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar bisa membangun Negara yang maju. selain itu, karakter juga sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat betapa tinggi Pendidikan ataupun gelar yang sudah ia raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi setiap orang. 

Proses Pendidikan di sekolah masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya dibandingkan psikomotoriknya, masih banyak guru-guru di setiap sekolah yang hanya asal mengajar saja agar terlihat formalitasnya, tanpa mengajarkan bagaimana etika-etika yang baik yang harus dilakukan. 

Banyak pilar karakter yang harus kita tanamkan kepada anak-anak penerus bangsa, diantaranya adalah kejujuran. Kejujuran merupakan hal yang paling pertama harus kita tanamkan pada diri ataupun anak-anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya, demikian juga ada pilar karakter tentang keadilan karena seperti yang bis akita lihat banyak sekali ketidakadilan khususnya di Negara ini. selain itu harus ditanamkan juga pilar karakter seperti rasa hormat. Hormat kepada siapapun itu, contohnya adik kelas memiliki rasa hormat kepada kakak kelasnya, dan kakak kelasnya juga menyayangi adik-adik kelasnya, begitu juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai ada dalam diri setiap murid-murid agar terciptanya dunia Pendidikan yang tidak ramai akan tawuran. 

Sekarang mulai banyak sekolah-sekolah di Indonesia mengajarkan Pendidikan karakter menjadi mata pelajaran khusus di sekolah tersebut. Mereka diajarkan bagaimana cara bersifat kepada orang tua, guru-guru atau lingkungan tempat hidup. 

Mudah-mudahan dengan diterapkan Pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak-anak akan dilandasi oleh karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang-orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa. Meskipun mendidik karakter tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu ajarkanlah kepada anak bangsa Pendidikan karakter sejak saat ini. 

2. Karakteristik Artikel yang Berkualitas

  • Isinya sesuai dengan kenyataan (faktual).
  • Original atau hasil karya sendiri.
  • Pembahasannya terstruktur dan tuntas.
  • Gaya bahasanya sesuai dengan karakter pembaca.
  • Kontennya padat dan tidak bertele-tele.
  • Topiknya aktual atau sesuai dengan kebutuhan pembaca. 

Itulah contoh artikel pendidikan dan karakteristik artikel yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro