Makanan khas Bengkulu, rasanya enak bikin ketagihan - Kue Bay - Tat (Instagram.com/azanaholtels)
Kuliner

7 Makanan Khas Bengkulu, Rasanya Enak Bikin Ketagihan

Nuraini
Rabu, 17 Mei 2023 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pernah mencicipi makanan khas Bengkulu? Perlu diketahui bahwa Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Daerah tersebut dikenal dengan sebutan Bumi Rafflesia karena menjadi tempat tumbuhnya bunga Rafflesia Arnoldii.

Terdapat banyak hal menarik yang ada di Bengkulu, salah satunya kuliner khas Bengkulu yang rasanya tak perlu diragukan lagi. Apa sajakah makanan khas dari daerah tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Nama Makanan Khas Bengkulu

Bengkulu memiliki beragam makanan tradisional dengan cita rasa yang kaya. Berikut pilihan makanan tradisional Bengkulu yang menarik untuk dicicipi.

1. Pendep

Salah satu makanan khas Bengkulu adalah pendep. Makanan ini terbuat dari ikan yang diolah bersama bumbu seperti bawang putih, kencur, cabai, kelapa muda, dan garam. Semua bumbu tersebut dihaluskan, lalu dicampur dengan ikan.

Ikan yang sudah dilumuri bumbu kemudian dibungkus menggunakan daun talas dan direbus sampai matang. Proses perubahan makanan ini sangat lama hingga mencapai 8 jam. Proses pemasakan yang panjang sebanding dengan rasanya yang nikmat.

2. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas bengkulu ini terbuat dari keong hitam dan rebung atau bambu muda. Proses pembuatan kudapan ini juga cukup lama.

Rebung yang akan diolah perlu direndam terlebih dahulu selama beberapa hari agar rasa asam pada rebung keluar. Setelah itu, rebung diberi bumbu rempah dan dimasak bersama keong hitam. Liling atau keong hitam biasanya ditemukan di lahan sawah.

3. Gulai Kemba’ang

Makanan khas daerah Bengkulu selanjutnya yaitu gulai kemba’ang. Makanan ini terbuat dari iga sapi yang dimasak bersama rempah-rempah. Gulai ini memiliki rasa yang khas dan aroma tajam. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama nasi putih hangat.

4. Gulai Pisang

Jenis gulai lainnya yang juga menjadi makanan daerah Bengkulu yaitu gulai pisang. Sesuai dengan namanya, gulai ini terbuat dari pisang yang dimasak bersama bumbu gulai. Jenis pisang yang digunakan yaitu pisang kepok, tanduk, atau raja karena teksturnya yang padat.

5. Lema

Lema juga termasuk makanan khas dari Bengkulu. Sekilas makanan ini mirip dengan tempoyak. Tak hanya itu, proses pembuatan lema dan tempoyak juga sama yaitu dengan cara difermentasi.

Akan tetapi, bahan pembuatannya berbeda. Lema terbuat dari rebung dan ikan mujair. Kedua bahan tersebut dicampur dan dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah itu, tutup rapat dan simpan selama beberapa hari.

Makanan ini memiliki rasa yang lezat dengan aroma yang menyengat. Selain enak, lema dipercaya bisa membantu melancarkan pencernaan.

6. Kue Perut Punai

Tak hanya makanan berat, Bengkulu juga memiliki olahan jajanan atau kue tradisional yang rasanya enak. Salah satunya kue perut punai. Kue ini terbuat dari tepung beras, telur, keju, gula, garam, dan air.

Bentuk kue ini mirip seperti usus burung punai. Maka dari itu disebut sebagai kue perut punai. Adonan yang sudah dibentuk menyerupai usus burung, kemudian digoreng sampai matang. Setelah itu, makanan khas bengkulu ini disajikan bersama lelehan gula aren.

7. Kue Bay Tat

Makanan khas Bengkulu selanjutnya yang memiliki rasa manis yaitu kue bay tat. Kue ini terbuat dari tepung gandum yang dicampur dengan telur, mentega, dan gula.

Kue bay tat dimasak dengan cara dipanggang. Setelah matang, kue akan diolah dengan selai nanas dan keju. Rasa kue ini manis, gurih, dan sedikit asam. Sangat cocok dinikmati bersama kopi atau teh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro