Selain Sate, Ini 10 Makanan Khas Madura yang legendaris dan nikmat - Tajin Sobih(instagram.com/kulineranmadura)
Kuliner

10 Makanan Khas Madura Selain Sate yang Legendaris dan Nikmat

Nuraini
Rabu, 17 Mei 2023 - 19:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu makanan khas Madura adalah sate. Tidak hanya sate, ternyata masih banyak makanan khas daerah Madura yang harus dicicipi saat Anda berkunjung ke daerah tersebut. Apa saja makanan khas tersebut? Simak selengkapnya disini. 

Rekomendasi Makanan Khas Madura Selain Sate

Salah satu daya tarik saat berkunjung ke Madura yaitu makanan yang rasanya enak. Selain sate, berikut ini 10 rekomendasi makanan Madura yang siap menggoyangkan lidah Anda.

1. Nasi Serpang Madura

Nasi serpang adalah makanan khas Madura yang mirip dengan nasi campur. Makanan ini terdiri atas nasi hangat, kerang, pepes tongkol, udang, mie soun, dendeng sapi, tahu, sambal terasi, rempeyek kacang, dan kerupuk kulit yang dicampur dengan kuah santan. 

2. Tajin Sobih

Makanan khas Madura yang satu ini mirip dengan bubur sumsum, namun dengan tekstur yang lebih kasar. Terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung terigu yang disajikan dalam daun pisang pincuk dan diguyur dengan gula merah cair. Rasanya manis dan menyegarkan. 

3. Soto Mata Sapi Khas Madura

Sama dengan namanya, soto ini menggunakan mata sapi utuh lengkap dengan tulangnya. Kuah soto mata sapi terbuat dari bumbu rempah pilihan. 

Biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, nasi hangat, dan disiram kuah soto mata sapi. Rasanya sangat gurih, akan lebih enak lagi disantap bersama dengan sambal pedas. 

4. Rujak Corek Khas Madura

Rujak corek Madura terbuat dari mentimun. Mentimun yang telah bersih, dikupas kulitnya, dan dicoret atau dikeruk untuk dicampur dengan bumbu di dalam cobek. Setelah diaduk, bumbu dimasukkan ke dalam mentimun yang telah dikeruk untuk siap dimakan. 

5. Topak Ladhe Bangkalan

Makanan khas Madura selanjutnya yaitu topak ladhe. Makanan ini berisi irisan daging, kacang panjang, pepaya muda, telur, dan jeroan sapi atau daging ayam. Biasanya dimakan bersama dengan ketupat dan beragam jenis daging dan aneka sayur. 

6. Campor Madura

Selanjutnya, makanan khas Madura anti ekstrem ini berisi singkong rebus, sumsum, bihun, lontong, dan tulang muda sapi yang disiram dengan kuah kaldu dan bumbu kacang. Campurannya yang unik dan rasanya yang gurih dapat menambah selera makan Anda. 

7. Bebek Goreng Sinjay

Bebek goreng khas Madura memiliki daging yang empuk dan tidak bau amis dengan bumbu rempah yang meresap hingga ke tulang. Cita rasa makanan khas madura ini sangat khas dan nikmat. Berbeda dengan bebek goreng biasanya, bebek goreng sinjay punya sensasi rasa pedas khas di lidah. 

8. Nasi Petis

Nasi petis menjadi kuliner khas Madura yang populer dengan isian telur rebus, dendeng, hati sapi, limpa, dan masih banyak lagi. Isian tersebut kemudian disiram dengan kuah santan kental yang sudah dicampur dengan petis. Cita rasanya yang gurih sangat enak untuk dinikmati.

9. Rujak Selingkuh

Makanan tradisional Madura ini punya cita rasa unik karena menggabungkan resep rujak dan kuah soto babat menjadi satu. Bahan-bahan yang digunakan antara lain buah-buahan, singkong, dan lontong. Kemudian, bahan-bahan tersebut disiram dengan bumbu rujak, taburan kacang goreng, gula, dan kuah soto babat.

10. Nasi Jagung Madura

Nasi jagung disebut juga dengan nasi ampok. Makanan khas daerah Madura yang satu ini menyajikan nasi dan jagung dengan lauk berupa urap, pepes ayam, ikan, peyek ikan teri, sambal, dan lalapan. 

Demikian 10 rekomendasi makanan khas Madura selain daripada sate. Makanan tersebut bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Maduran dan sekitarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro