Teh rosemary
Health

Ini Manfaat Teh Rosemary Untuk Kesehatan

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 17 Juni 2023 - 12:57
Bagikan

Binis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda bosan saat melakukan rutinitas pagi sehingga membuat Anda merasa lelah dan tidak bersemangat untuk menjalani hari? Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk minum teh rosemary dalam rutinitas harian Anda untuk mengubah pagi Anda menjadi sesuatu yang menyegarkan.

Dilansir Healthline, rosemary adalah herbal yang menjadi salah satu bagian dari keluarga tanaman Lamiaceae, bersama dengan mint, oregano, lemon balm, dan kemangi. Dengan mengonsumsi segelas teh rosemary akan bermanfaat bagi pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.

Dilansir Healthline dan Healthshots, berikut adalah manfaat dari teh Rosemary:

1. Sifat antioksidan

Rosemary kaya akan antioksidan, seperti asam rosmarinic, asam karnosic, dan asam caffeic. Antioksidan yang terkandung dalam teh rosemary dapat membantu memerangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh, mengurangi kerusakan sel dan peradangan. Hal itu yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

2. Meningkatkan pencernaan

Dengan meminum teh rosemary dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara merangsang produksi enzim pencernaan dan aliran empedu. Hal ini berpotensi membantu pemecahan makanan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan meringankan gejala seperti kembung dan gangguan pencernaan.

3. Dapat mendukung kesehatan otak

Dengan menghirup aroma rosemary berkaitan dengan peningkatan daya ingat dan kewaspadaan. Meskipun minum teh rosemary mungkin tidak memberikan efek langsung yang sama, sifat antioksidan dan anti-inflamasi rosemary berpotensi berkontribusi pada kesehatan otak.

Adapun sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa rosemary dapat mencegah efek negatif dari penuaan otak, bahkan menunjukkan efek perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

manfaat teh rosemary
manfaat teh rosemary

4. Efek anti-inflamasi

Peradangan kronis berdampak bagi masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Dengan adanya sifat anti-inflamasi yang dimiliki rosemary dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit terkait.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Senyawa dalam teh rosemary memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Minum teh rosemary dapat membantu melawan bakteri tertentu dan memperkuat pertahanan tubuh. Selain itu, senyawa yang terkandung dalam rosemary dapat membantu melawan infeksi.

6. Membuat Anda tetap terhidrasi

Salah satu hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan adalah tetap terhidrasi. Minum teh yang mengandung rosemary dapat membantu meningkatkan hidrasi sehingga dapat meningkatkan asupan teh Anda.

7. Dapat melindungi penglihatan dan kesehatan mata

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Investigative Ophthalmology and Visual Science menunjukkan bahwa bahan kimia yang ada dalam ramuan rosemary dapat melindungi mata dari degenerasi makula dan penyakit mata lainnya. Adapun efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan penglihatan.

8. Mengurangi risiko kanker

American Institute for Cancer Research (AICR) mengungkapkan bahwa kandungan karnosol, fitokimia yang terdapat dalam rosemary dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, memperkuat fungsi kekebalan tubuh, membatasi produksi hormon yang berhubungan dengan kanker, dan bekerja sebagai antioksidan.


9. Membantu mengurangi gula darah

Teh rosemary dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan memberikan efek seperti insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot. Selain itu, senyawanya dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam usus sehingga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah yang terjadi setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro