Ilustrasi gelombang panas/iop.org
Health

Dampak Gelombang Panas Ekstrem pada Tubuh, dan Cara Menanganinya

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 20 Juni 2023 - 08:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut laporan Departemen Meteorologi India menyatakan bahwa gelombang panas kemungkinan akan terus berlanjut di negara-negara bagian seperti Uttar Pradesh, Bihar, Andhra Pradesh, Odisha, Madhya Pradesh, Benggala Barat, Telangana, Chhattisgarh, dan Jharkhand hingga esok hari, tanggal 20 Juni 2023

Melansir Times of India, adapun kondisi ini telah menewaskan lebih dari 50 orang di Ballia UP meskipun tidak ada konfirmasi resmi mengenai hal ini.

Dilaporkan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit mengalami nyeri dada. Merujuk dari adanya kondisi tersebut, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan.

Saat gelombang panas ekstrem melanda, tubuh Anda akan mengalami kelelahan, pusing, sakit kepala, merasa mual, berkeringat berlebihan, kram yang tak tertahankan pada lengan, kaki, perut, detak jantung yang cepat, suhu tubuh yang tinggi, dan akan merasa sangat haus.

The National Disaster Management Authority (NDMA) memperingatkan agar masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah ketika intensitas matahari tinggi, terutama antara pukul 12 siang dan 3 sore.

Penting juga untuk menghindari konsumsi alkohol, teh, kopi, dan minuman berkarbonasi karena cenderung membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dari segi konsumsi, hindarilah makanan berprotein tinggi.

Dampak Gelombang Panas Ekstrem pada Tubuh, dan Cara Menanganinya

Dalam cuaca ekstrem ini penting untuk minum air yang cukup dan minum air meskipun sedang tidak dalam kondisi haus. Saat bepergian, Anda juga dapat membawa air sendiri dari rumah atau membuat minum sendiri sebagai alternatif untuk mengatasi dehidrasi.

Bagi Anda yang memiliki anak, pastikan mereka minum air yang cukup. Siapkan berbagai jenis serbat dan minuman buatan sendiri untuk meningkatkan asupan air. Jangan biarkan mereka bermain di luar rumah.

Bila menemukan seorang yang terkena dampak dari gelombang panas. Ada baiknya orang tersebut dibaringkan di bawah tempat teduh. Cobalah untuk menurunkan suhu tubuh dengan menyiramkan air biasa ke kepala. Setelah orang tersebut stabil, berikan minuman biasa untuk merehidrasi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro