Nasi putih2/boldsky.com
Health

Apakah Nasi Putih Baik untuk dikonsumsi? Ini Kata Ahli Gizi

Kresensia Kinanti
Selasa, 20 Juni 2023 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nasi putih adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia.

Konsumsi nasi putih di Indonesia tergolong lebih tinggi dibandingkan sumber karbohidrat lainnya.

Selain dikonsumsi sebagai karbihodrat, nasi putih memiliki manfaat untuk kesehatan sebagai berikut.

1. Sumber energi yang cepat

Karena nasi putih tidak memiliki kandungan serat dan lemak, nasi putih merupakan karbohidrat yang lebih sederhana dan mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini memungkinkan penyerapan nutrisi, yaitu karbohidrat lebih cepat.

2. Mudah dicerna

Penderita kondisi pencernaan tertentu mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencerna kandungan serat, protein, dan lemak dari karbohidrat kompleks. Nasi putih yang mudah dicerna merupakan pilihan tepat untuk meminimalkan rasa kembung dan iritasi yang tidak nyaman.

3. Mudah didapat

Harga beras putih biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis beras lainnya, sehingga lebih mudah didapat oleh semua kalangan.

Di balik manfaat yang didapat dari mengonsumsi nasi putih, ada juga beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi nasi putih.

Beberapa orang beranggapan bahwa mengonsumsi nasi putih berlebihan bisa menyebabkan peningkatan gula darah.

Ahli gizi Rashi Chowdhary belum lama ini membagikan postingan di akun Instagram pribadinya. Dalam postingan video tersebut, ia terlihat sedang menikmati santapan nasi putih dengan ayam. Dalam keterangannya, ia mengatakan, “Jika Anda mengalami PCOS, Endometriosis, IBS, Sentivitas insulin atau bahkan SIBO, silahkan beralih ke nasi putih untuk sementara atau bahkan seterusnya dan lihat efeknya pada gejala anda.”

Dalam video tersebut, Rashi Chowdhary juga menjelaskan bahwa penting untuk mengingat beberapa poin penting sebelum beralih ke nasi putih. Berikut ini adalah petunjuk yang dia nyatakan:

1. Padukan dengan sayuran atau protein

Pastikan untuk menambahkan sayuran atau protein dalam jumlah yang cukup untuk mengontrol porsi dan meningkatkan gizi makanan anda. Kombinasi ini akan memberikan makanan lengkap yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Pilih beras putih daripada beras cokelat

Pilih beras putih daripada beras cokelat karena kandungan arsenik yang terdapat pada beras cokelat. Usus yang sensitif mungkin akan kesulitan untuk mencerna kadar ini. Nasi putih umumnya dianggap lebih baik untuk mengurangi paparan racun dalam tubuh.

3. Gunakan lemak berkualitas tinggi

Saat memasak nasi putih, gunakan lemak sehat seperti ghee, minyak kelapa, mentega, minyak alpukat, atau minyak mustard. Lemak-lemak ini tidak hanya menambah rasa tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Makanan yang direkomendasikan Rashi disiapkan menggunakan ghee dan yogurt almond.

4. Nikmatilah nasi putih tanpa rasa takut

Banyak orang yang khawatir untuk memasukkan nasi putih ke dalam menu makanan mereka. Namun, Rashi Chowdhary mendorong setiap orang untuk mengatasi rasa takut ini dan menikmati nasi putih sebagai bagian dari gaya hidup yang seimbang dan sehat. Jika dikonsumsi dengan porsi yang pas dan makanan pendamping yang bergizi, nasi putih dapat menjadi pilihan serbaguna dan memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro