Ilustrasi Depresi/Istimewa
Health

Konsumsi Makanan Ini untuk Atasi dan Cegah Depresi

Kresensia Kinanti
Jumat, 23 Juni 2023 - 19:31
Bagikan

- Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan bagian penting dalam mencegah atau mengobati gangguan depresi. Salah satu alasannya adalah karena orang yang mengalami depresi diketahui memiliki asupan folat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengalami depresi. 

Folat, serat, dan nutrisi lainnya membuat sayuran-terutama sayuran berdaun hijau yang lebih gelap menjadi pilihan yang tepat saat mencari makanan untuk membantu meningkatkan dan menstabilkan suasana hati.

Sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber asam alfa-linolenat (ALA) yang baik. ALA adalah salah satu dari tiga jenis utama asam lemak omega-3, dua lainnya adalah DHA dan EPA. Sayuran ini juga mengandung vitamin B yang larut dalam air. 

- Oysters/Tiram

Tiram adalah sumber seng atau Zinc yang sangat baik dan mineral penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Seng juga mendukung fungsi lain seperti penyembuhan luka dan pembelahan sel.

- Ubi Jalar

Warna oranya pada ubi jalar berasal dari karotenoid, sejenis antioksidan. Karotenoid baik untuk kulit dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Dalam sebuah penelitian cross-sectional, para peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan karotenoid mengurangi risiko gejala depresi pada orang dewasa. 

- Unggas

Ayam dan kalkun merupakan sumber protein tanpa lemak yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan menjaga suasana hati tetap seimbang sepanjang hari. 

Selain menjadi sumber protein tanpa lemak yang tepercaya, kalkun dan dada ayam dikenal sebagai sumber triptofan yang tinggi.

- Probiotik

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mikroorganisme yang hidup di dalam usus, termasuk probiotik, dapat memainkan peran penting dalam pengaturan suasana hati dengan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Makanan yang mengandung probiotik antara lain: Kimchi, Kombucha, Miso, Tempe, Tahu, Yogurt


Adapun makanan yang harus dibatasi untuk menghindari potensi meningkatnya depresi, antara lain:

  1. Makanan yang digoreng atau diproses
  2. Produk susu tinggi lemak
  3. Daging merah
  4. Biji-bijian olahan
  5. Makanan manis atau berlemak
  6. Alkohol
  7. Kafein

Tubuh kita berinteraksi dengan makanan yang kita makan. Mengatur dan memilih makanan yang masuk ke tubuh dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan serta memberikan dampak positif pada kesehatan emosional. Pilihan yang kita buat setiap hari dapat memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk berfungsi dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro