/Nutrisibangsaku.org
Health

Pangan dan Gizi Perlu Inovasi untuk Cegah Malnutrisi

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 Juni 2023 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia menyatakan pangan dan gizi adalah inti dari pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, menurut Prof Dr Hardinsyah, MS Presiden Pergizi Pangan, tidak ada perbaikan pangan dan gizi yang hebat tanpa inovasi dan kepemimpinan yang hebat, dan tidak ada inovasi pangan dan gizi yang hebat tanpa peneliti yang hebat dan komunikasi yang hebat.

Ilmuwan makanan dan gizi harus mempertimbangkan interaksi antara makanan, kesehatan, lingkungan dan kondisi sosial ekonomi.

Baik malnutrisi akut maupun kronis mencerminkan kegagalan dalam interaksi tersebut dalam proses perkembangan.

"Terbukti bahwa makanan dan gizi memiliki keuntungan manusia dan ekonomi yang tinggi. Kami juga percaya bahwa upaya untuk memperbaiki pangan dan gizi dapat berkontribusi pada kemajuan di berbagai bidang pembangunan berkelanjutan," ujarnya dikutip dari laman resminya.

Karena pertimbangan di atas, melalui ISFANEA 2023 adalah “Inovasi Pangan dan Gizi untuk Ekonomi, Kesehatan, dan Kesejahteraan Berkelanjutan”, Pergizi Pangan mempromosikan inovasi makanan dan nutrisi dan untuk mendorong pertukaran ilmiah antara peneliti dan profesional makanan, nutrisi, dan kesehatan.

Hardinsyah mengatakan, mereka juga memberikan penghargaan kepada beberapa pihak dan perusahaan yangd dianggap berkontribusi dalam pemenuhan gizi nasional.

Berikut beberapa peraih penghargaan Pergizi Pangan 

1. Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi dalam kategori Leadership Pangan dan Gizi 2023 dan Leader Inovatif Peduli Gizi 2023

Dua penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi pemimpin yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan pangan dan gizi Indonesia. Peran pemimpin, khususnya pemimpin di dalam pemerintahan, sangat penting dalam perumusan, penerapan, dan eksekusi kebijakan pangan dan gizi yang berdampak luas bagi masyarakat. NFA dinilai telah menjalankan perannya dengan baik sebagai regulator sekaligus eksekutor kebijakan pangan dan gizi melalui sejumlah program konkrit yang dijalankan.

“Penghargaan ini berdasarkan penilaian kami atas keberhasilan NFA dalam pengelolaan pangan nasional yang ditandai oleh meningkatnya skor PPH dan menurunnya jumlah kabupaten/kota rentan rawan pangan di Indonesia pada tahun 2022,” terangnya.

Adapun dalam upaya memerangi kurang gizi dan stunting, NFA saat ini semakin gencar melaksanakan sejumlah program strategis, seperti penilaian skor Pola Pangan Harapan (PPH), penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (Food Security and Vulnerability Atlas – FSVA), penyaluran bantuan pangan untuk menurunkan stunting, dan kampanye penganekaragaman dan penyelamatan pangan.

2. Le Minerale Raih Penghargaan PERGIZI PANGAN Indonesia sebagai AMDK Dengan Mineral Penting yang Baik untuk Tubuh

Le Minerale dianggap memiliki keunggulan dalam kandungan gizi yang berkaitan dengan kesehatan dan juga memiliki pesan edukasi bagi kesehatan masyarakat.

Le Minerale meraih penghargaan sebagai Air Minum Dalam Kemasan dengan mineral penting untuk mendukung gaya hidup sehat masyarakat. Dalam hal ini PERGIZI PANGAN Indonesia memberikan apresiasi terhadap komitmen Le Minerale untuk menghadirkan air minum yang bukan hanya melepas dahaga, namun juga memiliki kualitas mineral baik di dalamnya. Ini sangat mendukung pemenuhan gaya hidup sehat masyarakat

Prof. Hardinsyah juga berharap bahwa Le Minerale dapat menjadi contoh bagi para pelaku industri lainnya, khususnya dalam industri AMDK agar turut menghadirkan inovasi produk yang dapat mendukung upaya perbaikan gizi dan kesehatan masyarakat.

Head of Public Relations and Digital Le Minerale menyatakan Le Minerale diproduksi dari sumber mata air pegunungan di kedalaman tertentu, yang melalui berbagai eksplorasi diyakini memiliki kandungan mineral essensial alami yang seimbang. Berbagai kandungan mineral yang terdapat di dalam Le Minerale di antaranya adalah kalsium, magnesium, dan kalium.

”Kandungan mineral essensial ini pulalah yang menjadikan Le Minerale diakui masyarakat memiliki rasa segar yang berbeda,” jelas Yuna.

Kandungan mineral essensial ini juga terjaga kualitasnya dengan inovasi kemasan Le Minerale yang memiliki tiga lapis proteksi, atau yang disebut Mineral Protection System. Adapun tiga lapis proteksi ini adalah seal, ring pengaman dan juga botol keras sebelum dibuka.

3. Fibrecreme, Penghargaan Inovasi Produk Pangan dan Gizi 

PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) produsen Fibrecreme meraih penghargaan Inovasi Produk Pangan dan Gizi, bahan pangan fungsional krimer nabati tinggi serat, rendah gula, bebas laktosa, dan mengandung 0mg kolesterol.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa FiberCreme dapat membantu menurunkan kadar trigliserid, dan membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis terutama yang berhubungan dengan jantung.

Berkat inovasinya ini, oleh Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi) Indonesia dan Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) memberikan penghargaan tersebut.

Ketua Umum Pergizi Prof Hardinsyah MS berharap apresiasi yang diberikan bisa menginspirasi lebih banyak pelaku industri pangan untuk lebih peduli pada sekitarnya dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.  

Research & Inovation Manager PT. Lautan Natural Krimerindo, Rochmad Indrawanto menyatakan mereka mendukung pemenuhan gizi masyarakat Indonesia. “Melalui FiberCreme, kami berusaha memberikan edukasi mengenai pentingnya mencukupi kebutuhan serat pada masyarakat Indonesia. Kami akan terus melakukan riset dan inovasi untuk menghasilkan produk-produk baru yang berkualitas," tambahnya.

Pada tahun 2022 yang lalu, LNK melalui FiberCreme menerima penghargaan Rintisan Teknologi Industri (RINTEK) 2022 oleh Kementrian Perindustrian. Produk ini juga sudah mendapatkan sertifikat paten di Indonesia dan Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro