KidZania. /KidZania
Travel

6 Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Liburan Anak

Salma Permata Dewi
Jumat, 30 Juni 2023 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berada di pertengahan tahun artinya libur sekolah telah dimulai. Libur sekolah sering dimanfaatkan oleh keluarga untuk berkunjung dan bermain di tempat wisata.

Liburan anak tidak perlu pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Banyak tempat-tempat di Indonesia yang bisa dikunjungi oleh keluarga saat liburan. Beberapa orang tua terkadang ingin melakukan liburan di tempat yang aman dan edukatif, tetapi tetap mengasyikan.

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh keluarga dan anak selama liburan.

1. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari atau sering disingkat sebagai JAQS terletak di dalam sebuah mal, yakni Neo Soho, Jakarta Barat. JAQS memiliki sebuah tema instalasi yang berbeda-beda tiap bulannya. Kali ini, JAQS memiliki tema Summer O’Clock yang menyediakan banyak permainan ramah anak.

Banyak pilihan yang bisa dilakukan di JAQS. Mulai dari melakukan misi yang diberikan, bermain dengan binatang-binatang, melihat binatang laut, dan menonton pertunjukkan. Seluruh pengalaman itu terjadwal dengan baik oleh JAQS.

2. KidZania

KidZania merupakan salah satu tempat yang paling populer sejak dulu saat liburan. Tidak hanya bermain, anak-anak juga bisa belajar dan menemukan minatnya di sini. Selain anak-anak, KidZania juga memiliki program khusus untuk remaja bernama TeenZania.

Di dalam tempat ini, anak-anak bisa mencoba segala pekerjaan yang ada di sana. Ada beberapa hasil yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung, seperti Indomie dari pabrik Indomie. Ada juga diskon khusus untuk pengunjung yang merupakan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar 25 persen.

3. Gembira Loka Zoo

Kebun binatang yang populer di Yogyakarta, Gembira Loka Zoo, juga bisa menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya. Di sana, pengunjung dapat melihat berbagai macam binatang, mulai dari binatang kecil yang ramah hingga binatang buas.

Di sana, anak-anak bisa mengikuti program memberi makan burung-burung di Lory Kingdom. Para orang tua tidak perlu khawatir dengan keamanan di sana karena binatang-binatang di Gembira Loka Zoo selalu didampingi oleh penjaganya. Tidak hanya itu, pos kesehatan juga ada di titik-titik strategis.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Jika menginginkan tempat wisata yang juga menjadi tempat belajar, Taman Pintar Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Di sana banyak hal-hal yang menarik untuk dicoba anak-anak, seperti virtual reality (VR). Ada juga Zona Etika Lalu Lintas yang ditujukan untuk anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun.

Taman Pintar juga menyediakan banyak lokakarya yang bisa dicoba untuk anak-anak maupun orang dewasa. Lokakarya-lokakarya tersebut adalah melukis gerabah, membuat gerabah, melukis kaos, dan membuat batik. Hasil dari lokakarya tersebut bisa dibawa pulang.

5. Umbul Sidomukti, Semarang

Walaupun cukup jauh dari pusat kota, Umbul Sidomukti adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga yang menyukai alam. Di sana, Anda sekeluarga akan mendapatkan pemandangan dan udara yang asri. Banyak spot bermain untuk anak, seperti trampolin dan sepeda.

Di sana juga ada tempat bernama Little Ranch yang menyediakan hamparan hijau yang dipenuhi dengan domba. Pengunjung bisa menikmati tempat tersebut dengan berjalan-jalan, naik sepeda, naik ATV, memberi makan domba, dan lainnya. Lebih serunya lagi, Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana outbond.

6. Malang Night Paradise

Tempat wisata malam yang berada di Malang, Jawa Timur, selalu dipenuhi oleh pengunjung anak-anak maupun orang dewasa. Lampu yang penuh warna dari pintu masuk hingga pintu keluar adalah salah satu yang menonjol di tempat ini. Di sini, Anda bisa berfoto-foto karena memiliki spot foto yang banyak dan bagus.

Selain itu, Malang Night Paradise juga memiliki paradenya sendiri. Kali ini, tempat ini memiliki tema Frozen Night. Pengunjung dapat melihat pertunjukkan yang bertemakan kartun Disney Frozen. Bermain salju pun bisa dilakukan di sana hingga 2 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro