Ilustrasi perempuan mengalami gejala asam lambung/Freepik
Health

Asam Lambung Sering Naik? Coba Atasi dengan 6 Minuman Ini

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 5 Juli 2023 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Refluks asam lambung dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD) dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Refluks asam lambung dan GERD memiliki arti yang berbeda. Refluks asam merujuk pada gejala yang terjadi sesekali, sedangkan GERD merupakan kondisi dimana gejala refluks asam yang lebih sering daripada biasanya.

Melansir Healthline, adapun minuman yang Anda konsumsi dapat membantu meredakan asam lambung, antara lain:

1. Susu rendah lemak

Dengan mengonsumsi susu sapi penuh lemak dan makanan tinggi lemak lainnya dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yang dapat memperburuk gejala refluks.

2. Susu nabati

Orang yang mengalami intoleransi laktosa atau mereka yang mengalami peningkatan gejala refluks asam lambung setelah mengonsumsi susu dapat beralih ke susu nabati seperti susu kedelai, susu rami, susu kacang mete, susu kelapa, susu oat, dan susu almond. Susu nabati memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga lebih aman bagi penderita GERD.

3. Jus buah

Ada beberapa jus yang memberikan rasa asam saat dikonsumsi. Namun, bagi Anda yang memiliki gejala GERD tetap bisa mengonsumsi buah dengan tingkat keasaman yang lebih rendah seperti jus wortel, jus lidah buaya, dan jus kubis.

4. Smoothie

Saat ini, smoothie dapat menjadi pilihan alternatif yang baik bagi penderita GERD. Jika Anda ingin membuatnya, sertakan buah-buahan dengan tingkat keasaman rendah. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sayuran hijau untuk menambah nutrisi dan manfaat mengurangi refluks.

5. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis tambahan dapat menjadi alternatif bagi penderita refluks asam lambung atau GERD. Adapun minuman ini merupakan sumber elektrolit yang baik, seperti kalium. Selain itu, air kelapa dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh sehingga bermanfaat dalam mengatasi refluks asam lambung.

6. Teh herbal

Teh herbal dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menenangkan masalah perut, seperti gas dan mual yang berguna dalam meredakan refluks asam lambung. Adapun teh jahe yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro