Ilustrasi sesak napas
Health

Ini Bedanya Gejala Asam Lambung Naik dan Serangan Jantung, Jangan Salah Diagnosa

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 Juni 2023 - 19:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Adanya gejala yang membingungkan dan peningkatan kematian akibat serangan jantung menjadi masalah yang memprihatinkan.

Gejala serangan jantung dapat bervariasi dari orang ke orang, dan tidak selalu jelas, kata Dr Chandrashekar, Associate Director Kardiologi, Max Super Speciality Hospital Shalimar Bagh.

“Orang seharusnya tidak pernah mengabaikan gejala serangan jantung. Ketika gejala serangan jantung disalahartikan sebagai masalah lambung, waktu yang berharga dapat hilang dalam memberikan intervensi medis yang tepat," ujarnya dilansir dari Times India.

Menurutnya, sangat penting bagi profesional kesehatan untuk mengevaluasi pasien secara menyeluruh dengan gejala yang dapat mengindikasikan serangan jantung, seperti nyeri dada, sesak napas, dan ketidaknyamanan lengan atau rahang.

Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan begitu saja karena hanya terkait dengan masalah lambung, karena pengenalan dan pengobatan serangan jantung yang cepat dapat menyelamatkan nyawa.

Untuk membantu mencegah kasus seperti itu di masa depan, penting bagi penyedia layanan kesehatan untuk mempertahankan tingkat kecurigaan klinis yang tinggi dan mempertimbangkan semua kemungkinan penyebab gejala pasien, bahkan jika awalnya tampak tidak terkait dengan serangan jantung.”

Dr Vivek menambahkan, pada umumnya, penyakit jantung dapat meniru gejala apa pun yang timbul di daerah wajah hingga perut bagian atas.

Hal penting yang harus diingat adalah bahwa gejala penyakit jantung tidak berlangsung dalam hitungan detik atau jam. Biasanya dalam hitungan menit; jika mereka selalu meningkat itu karena serangan yang akan datang.

Oleh karena itu, gejala baru apa pun, apakah keasaman sesak, sesak napas tiba-tiba, nyeri, rasa tidak nyaman yang tiba-tiba disertai keringat, harus dianggap sebagai jantung dan dilakukan EKG.

Seseorang yang belum pernah mengalami keasaman sebelumnya, tetapi tiba-tiba mengalami gejala ini dengan rasa tidak nyaman, harus waspada.

Ini terutama berlaku untuk orang-orang dengan risiko lebih tinggi seperti diabetes, usia tua, perokok berat, banyak faktor risiko, atau riwayat keluarga yang kuat dengan penyakit jantung dini.

Sangat penting untuk menyadari gejala yang menyertai bersama dengan sesak dada yang mungkin mengindikasikan kondisi yang lebih serius dan memerlukan perhatian medis segera, seperti,

• Nyeri atau tekanan dada yang menjalar ke lengan, rahang, leher, atau punggung.
• Sesak napas atau kesulitan bernapas.
• Mual, pusing, atau pusing.
• Berkeringat.
• Kulit pucat atau lembap.
• Perubahan detak jantung dan tekanan darah

Gastritis atau serangan jantung

Gejala gastritis dan anxiety, juga bisa meniru serangan jantung dan sebaliknya.

Tapi, kejadian gastritis tidak fatal berbeda dengan masalah jantung.

Setiap kali seseorang merasa tidak nyaman, mengalami ketidaknyamanan bahu, berkeringat berlebihan, merasakan sakit rahang, atau perasaan tercekik atau tercekik dengan sesak napas, rasa sakit luar biasa di sisi kiri dan bagian medial juga merupakan alasan untuk kekhawatiran.

Juga pada beberapa pasien, itu adalah rasa sakit di sisi kanan, karena jantung dapat berada di sisi kanan pada beberapa orang sejak lahir, yaitu Dextrocardia adalah kondisi bawaan yang langka.

Seseorang harus segera menemui dokter, terutama jika sudah ada faktor risiko yang mendasarinya, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Jika seseorang mengalami obesitas dan memiliki faktor risiko, sebaiknya pergi ke dokter.

Tips menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian paling umum di India. Untuk menjaga agar hati kita tetap aman, ada langkah-langkah tertentu yang harus kita ambil:

  • Makan makanan sehat dan sehat
  • Jadilah aktif secara fisik
  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • Ketahui riwayat keluarga Anda
  • Kelola stres
  • Tidur nyenyak
  • Jangan merokok dan jauhi perokok pasif
  • Selesaikan tes tahunan Anda
  • Kontrol tekanan darah dan kolesterol Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro