Rambut rontok/klikdokter
Health

Ketombe Bisa Menyebabkan Rambut Rontok? Ini Jawabannya

Salma Permata Dewi
Sabtu, 8 Juli 2023 - 14:48
Bagikan

3. Perawatan rambut

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, sampo adalah hal penting dalam mengobati ketombe yang ada hubungannya dengan kerontokan. Saat menggunakan sampo ketombe, biasanya rambut akan terasa kaku dan kering sehingga berisiko untuk patah. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan kondisioner dalam rutinitas perawatan rambut. 

Menggunakan minyak-minyakan, seperti minyak kelapa dan zaitun, juga bagus untuk rambut. Menurut tinjauan studi tahun 2018, para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV).

Sementara itu, minyak zaitun dapat digunakan untuk melembabkan rambut secara mendalam sehingga dapat melindunginya dari kekeringan dan kerusakan. 

Selain menggunakan produk-produk perlindungan rambut, Anda juga perlu memperhatikan cara penataan dalam rutinitas merawat rambut. Pengunciran rambut yang ketat dapat menarik rambut di akarnya dan berpotensi menyebabkan kerontokan yang berlebihan. Kemudian,jika bisa, hindari alat penata rambut panas karena dapat merusak atau mematahkan batang rambut.


3. Perawatan medis dan obat-obatan

Jika hal-hal yang sudah dilakukan dirasa kurang berpengaruh, Anda bisa mengkonsultasikannya ke profesional. Mungkin para ahli akan memberikan Anda obat atau bahkan perawatan. Ada beberapa perawatan medis yang bisa dilakukan, seperti terapi laser dan penyuntikkan plasma kaya trombosit.

Laser tingkat rendah dapat membantu meningkatkan kepadatan rambut bagi orang-orang dengan kerontokan rambut genetik dan kerontokan akibat kemoterapi. Lalu, penyuntikkan plasma kaya trombosit (PRP) ke kulit kepala membantu merangsang pertumbuhan di area yang sudah terkena dampak kerontokan rambut. 


4. Metode lainnya

Masih ada cara-cara lain untuk mencegah kerontokan. Beberapa di antaranya adalah mengoleskan minyak esensial dan jus bawang ke kulit kepala.

Sebuah studi pada 2020 mencatat bahwa berbagai minyak esensial, termasuk minyak chamomile, minyak thyme, minyak pohon teh, dan lainnya, dapat memperbaiki kondisi seperti alopecia areata, alopecia androgenetic, dan alopecia psoriasis. Namun, Anda perlu memastikan minyak-minyak yang digunakan tidak membuat alergi.

Kemudian ada mengoleskan jus bawang mentah ke kulit kepala. Orang dengan alopecia areata mungkin melihat pertumbuhan kembali setelah melakukannya dua kali sehari. Penelitian mengenai ini memang terbatas, tetapi ada sebuah studi pada 2014 mengenai ini. Hampir sebanyak 87 persen peserta dalam studi tersebut meningkatkan pertumbuhan rambut.

Lalu metode lainnya adalah pemijatan pada kulit kepala. Pemijatan ini dapat membantu dan merangsang pertumbuhan rambut. Olahraga juga penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan mengurangi risiko kerontokan rambut. Olahraga yang cocok untuk adalah Yoga karena dapat mengurangi stres yang menjadi faktor kerontokan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro