Ikan Shisamo
Health

Nggak Murah, Segini Harga Ikan Shisamo Kesukaan Rayyanza "Cipung", Anak Raffi Ahmad

Mutiara Nabila
Selasa, 11 Juli 2023 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ikan chapelin yang dikenal dengan ikan shisamo belakangan viral karena menjadi santapan favorit anak selebriti Raffi Ahmad, Rayyanza Malik Ahmad atau Cipung. Sayangnya harganya tidak murah. 

Di e-commerce, harga ikan shisamo bisa mencapai Rp75.000 per 500 gram, artinya per kilo gram bisa mencapai Rp150.000.

Harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan harga ikan lele yang hanya sekitar Rp29.000 per kilo gram, dengan kadar gizi yang tidak kalah padatnya. 

Gizi yang terdapat dalam ikan lele antara lain omega-3, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, lemak, kalsium, natrium, fosfor, seng, dan magnesium. 

Adapun, mengutip Organicfacts.net, ikan capelin atau yang terkenal dengan shisamo itu mahal karena berasal dari perairan Samudera Pasifik dan Atlantik. Ikan itu juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, memperbaiki kesehatan kulit, tekanan darah, sampai kualitas tidur. 

Ikan chapelin ini sangat populer dan banyak ditemukan di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika. Ikan ini juga memiliki ciri-ciri kulit perak mengilap dan di dalam perutnya dipenuhi oleh telur-telur ikan. 

Ikan penuh gizi ini bisa menjadi sumber fosfor, selenium, vitamin B12, mangan, dan asam lemak omega-3, serta memiliki magnesium, dan kalsium. Selain itu, ikan ini juga mengandung berbagai vitamin B dan kadar protein tinggi yang hampir mencapai 30 persen dari kebutuhan harian dalam porsi 3 ons.  

Di samping itu, ikan ini pun cocok untuk diet karena memiliki kadar kalori dan lemak jenuh yang rendah. 

Ikan shisamo juga dapat diolah dengan berbagai cara, tetapi yang paling populer memang dengan cara digoreng. Jika digoreng garing, ikan bisa dinikmati utuh, termasuk kulit, sisik, tulang, dan kepalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro