Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia/Freepik.com
Health

Tips Bahagia Keseimbangan Kehidupan dan Pekerjaan

Salma Permata Dewi
Kamis, 13 Juli 2023 - 18:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan kehidupan pekerjaan adalah hal yang penting. Ini bisa bermanfaat untuk segala hal, salah satunya adalah kesehatan mental.

Terkadang, kehidupan pribadi dan pekerjaan sering bercampur sehingga menjadi kondisi yang kompleks yang mengurangi kesejahteraan dalam kehidupan. Untuk membentuk kesejahteraan dalam kedua kehidupan itu, Anda perlu berusaha untuk menjaga keseimbangan keduanya.

Dilansir dari New Trader U, Kamis (13/7/2023), keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan sulit dipahami, tetapi selalu dicari. Keseimbangan ini merupakan komponen integral dari kesehatan dan kesuksesan seseorang secara keseluruhan.

Kunci untuk mencapai keseimbangan ini bukan satu tindakan tunggal, melainkan penggabungan berbagai kebiasaan.

Ini kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan:

1. Prioritas

Langkah awal menuju keseimbangan kehidupan kerja yang harmonis terletak pada penetapan prioritas. Pertimbangkan segi-segi kehidupan yang paling penting, kemudian identifikasikan tujuan-tujuan yang sesuai. Kemudian, Anda perlu memprioritaskan hal-hal yang dianggap penting sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 


2. Penolakan

Kata 'tidak' membawa kekuatan yang luar biasa. Ini menetapkan batasan, menciptakan ruang, dan berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan fokus Anda. Anda perlu menolak permintaan yang tidak selaras sehingga dapat menghemat energi untuk hal yang benar-benar penting.

3. Perlunya pemutusan hubungan

Putus dari pekerjaan menjadi yang terpenting. Tetapkan aturan untuk jam kerja dan terapkan aturan itu dengan ketat. Anda bisa memisahkan ponsel pribadi dan pekerjaan untuk melakukan kebiasaan ini. Jika tidak, Anda bisa mematikan ponsel setelah jam kerja Anda berakhir.

tips hidup seimbang
tips hidup seimbang


4. Manajemen waktu

Memanfaatkan waktu secara efektif tetap penting dalam mencapai keseimbangan. Teknik seperti Teknik Pomodoro atau pemblokiran waktu adalah hal yang berguna. Teknik-teknik tersebut memandu Anda untuk mengalokasikan jam dengan bijak sehingga dapat meningkatkan produktivitas selama jam kerja sambil menyisakan ruang untuk rekreasi dan relaksasi.


5. Kesehatan 

Kesejahteraan fisik memainkan peran penting dalam keseimbangan hidup. Kebiasaan makan yang sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup memberikan landasan bagi kehidupan yang seimbang. Masukkan istirahat singkat, jalan kaki, dan peregangan ke dalam rutinitas untuk meningkatkan fokus dan produktivitas.


6. Melakukan hobi

Kegiatan rekreasi dan melakukan hobi menyediakan jalan untuk relaksasi dan kepuasan pribadi. Anda bisa melakukan hobi di sela-sela waktu karena dapat membantu meringankan stres yang terkumpul dari pekerjaan dan berkontribusi pada rasa identitas dan kepuasan pribadi.

tips hidup seimbang
tips hidup seimbang


7. Mencari dukungan

Ketika kewalahan, meminta bantuan orang lain bukanlah tanda kekalahan, tetapi strategi untuk bertahan hidup. Anda bisa meminta bantuan untuk urusan di tempat kerja, pekerjaan rumah tangga, atau dukungan kesehatan mental profesional.


8. Mengejar pengetahuan

Kehidupan yang seimbang juga bergantung pada pertumbuhan pribadi dan pembelajaran seumur hidup. Memperoleh bahasa baru, mengembangkan keterampilan baru, atau tenggelam dalam hobi memicu kepuasan pribadi. Ini dapat menambah lapisan baru pada identitas Anda.


9. Latihan kesadaran

Latihan mindfulness seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan sederhana mendorong fokus pada saat ini. Kebiasaan ini meningkatkan ketahanan mental, mengurangi stres, dan meningkatkan efisiensi dan fokus.


10. Sadar atas pentingnya hubungan

Prioritaskan koneksi dengan keluarga dan teman di atas pekerjaan. Hubungan menawarkan jaringan yang kuat untuk dukungan emosional, pengurangan stres, dan kepuasan hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro