Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Entertainment

Cara Meningkatkan Jumlah Followers TikTok

Salma Permata Dewi
Sabtu, 15 Juli 2023 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki banyak pengikut di media sosial, seperti TikTok, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Itu menunjukkan kepopuleran seseorang.

Media sosial saat ini sering dijadikan sebagai tempat seseorang membagikan kebahagiaan, cerita, bahkan hal negatif. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi tempat bekerja. Seseorang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mengunggah sesuatu di media sosial.

TikTok adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Selain untuk bersenang-senang, TikTok juga sering melahirkan banyak selebritas TikTok.

Setelah mereka mendapatkan banyak perhatian publik dan banyak pengikut, pekerjaan akan berdatangan kepada mereka. Mungkin mereka akan mendapatkan tawaran kerja sama dengan sebuah merek, kolaborasi dengan selebritas lain, dan lain-lain.

Mendapatkan banyak followers di akun TikTok Anda mungkin harus menggunakan berbagai strategi.

Ini strategi meningkatkan jumlah followers di TikTok:

1. Memahami algoritma

Dilansir dari Outlook India, algoritma TikTok dirancang untuk menampilkan konten pengguna yang kemungkinan besar akan mereka ikuti. Algoritma memperhitungkan berbagai faktor, seperti suka, komentar, bagikan, dan waktu menonton, untuk menentukan konten mana yang akan ditampilkan kepada pengguna mana. 

Semakin banyak interaksi yang diterima konten Anda, semakin besar kemungkinannya untuk ditampilkan kepada audiens yang lebih luas. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan target audiens terlebih dahulu dan melakukan riset terhadap mereka atas konten-konten yang mereka sukai.

2. Mengikuti tren

Ikuti tren yang ada di TikTok, baik audio maupun topiknya. Anda bisa tetap menggunakan konteks yang sesuai dengan akun, tetapi dikemas dengan tren yang ada. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tren apa yang sedang naik di TikTok saat ini.

Jika sudah mengetahui tren yang sedang naik, Anda perlu membuat dan mengunggah video dengan tren tersebut dengan cepat. Jangan sampai Anda tertinggal atau sengaja mengikuti tren tersebut saat trennya sudah tidak lagi naik.

3. Berkolaborasi dengan kreator lain

Berkolaborasi dengan kreator lain dapat meningkatkan audiens. Bukan hanya menumpang ketenaran. Anda juga perlu memberikan dampak baik bagi kreator tersebut, seperti ide konten atau kerja sama lain. 

Salah satu keuntungan terbesar berkolaborasi dengan pembuat konten lain adalah memungkinkan Anda memanfaatkan audiens mereka dan memaparkan konten Anda ke sekelompok orang baru. Anda mungkin bisa berkolaborasi dengan kreator yang jenis kontennya mirip.

4. Mempromosikan konten di platform lain

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, pemasaran tidak dapat bertahan hanya dengan TikTok. TikTok tidak ada dalam ruang hampa. Strategi pemasaran digital yang kuat harus menyertakan platform media sosial lainnya seperti, YouTube, Instagram, Facebook, dan Pinterest. Ini bisa membantu para audiens yang ada di platform lain tersebut juga menjadi audiens di akun TikTok.

5. Unggah di waktu yang tepat

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pengikut TikTok adalah memastikan Anda mengunggah konten di TikTok pada waktu yang tepat. Waktu terbaik, tentu saja, adalah saat audiens Anda kemungkinan besar sedang online. 

Namun, menentukan waktu terbaik tersebut tidak mudah. Anda perlu melakukan eksperimen atau mencoba dan mengulang untuk menentukan waktu terbaik tersebut. Menentukan waktu terbaik bisa dilihat dari jumlah penonton, suka, atau bagi di akun Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro