Pakai ponsel di kamar mandi
Health

Ini Lho Bahayanya Main Ponsel di Toilet

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Juli 2023 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebiasaan membawa ponsel ke kamar mandi sudah menjadi hal yang wajar belakangan ini bagi beberapa orang.

Mereka biasanya membawa ponsel ke kamar mandi untuk menemani waktu duduk di toilet sambil scrolling berita atau media sosial.

Ternyata, kebiasaan itu berdampak buruk pada kesehatan.

Dilansir dari Times of India, dengan generasi Z tumbuh di era internet dan 66,7% populasi dunia memiliki smartphone, kita sekarang memiliki demografi terbesar dari pecandu ponsel yang terhubung secara digital, kata serangkaian survei yang dilakukan oleh BankMyCell, yang mengekstraksi dan menggunakan data dari 2.114 orang di dunia.

AS untuk menemukan analisis rinci penggunaan smartphone di toilet.

Kebanyakan orang tidak membersihkan ponsel mereka yang penuh kuman

Studi tersebut mengungkapkan bahwa 74,5% populasi membawa ponsel ke kamar mandi. Sekarang 90% orang Amerika membersihkan tangan mereka tetapi hanya 16,5% yang membersihkan ponsel mereka.

Para ilmuwan di University of Arizona telah menemukan bahwa ponsel membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kebanyakan dudukan toilet.

Ada risiko tinggi perpindahan kuman ke ponsel dari toilet dan lebih jauh ke dalam rumah. Hal ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan potensi infeksi lainnya.

Menghabiskan waktu lama di dudukan toilet juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, karena penelitian telah menunjukkan penyebaran mikroba di sekitar toilet.

Duduk di dudukan toilet terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko wasir dengan meningkatkan waktu yang dihabiskan untuk mengejan.

Jika Anda terganggu oleh telepon Anda, evakuasi usus Anda mungkin terhenti. Anda mungkin tidak dapat mengosongkan usus sepenuhnya, yang dapat menyebabkan penumpukan kotoran atau kesehatan usus yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro