Salah satu adegan di film Barbie/imdb
Entertainment

Serba-Serbi Borgenheimer, Film Barbie dan Oppenheimer yang Tayang Bersamaan

Salma Permata Dewi 
Jumat, 21 Juli 2023 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Barbie dan Oppenheimer tayang di waktu yang sama, yakni Rabu (19/7/23). Namun, puncak perilisannya adalah hari ini (21/7/23).

Barbie yang disutradarai oleh Greta Gerwig ini bukan untuk semua umur karena bahasan yang ada di film ini cukup berat. Ini diperuntukkan penggemar Barbie yang sudah dewasa. Walaupun demikian, film ini tetap cocok ditonton untuk remaja atau keluarga karena pengemasannya yang menyenangkan.

Gerwig identik dengan film-filmnya yang mengangkat isu tentang perempuan, seperti feminisme, juga menyisipkan ya di Barbie. Ini menghasilkan banyak pujian di media sosial. 

Sementara itu, Oppenheimer yang pemasarannya tidak meluas seperti Barbie juga mendapatkan banyak ulasan baik. Menurut beberapa ulasan oleh warganet, film ini bukan menargetkan khalayak seperti Barbie. Ini menargetkan pecinta film sains. 

Selama perilisan perdana ini, publik melakukan banyak hal di internet mengenai Barbie dan Oppenheimer yang disingkat menjadi Barbenheimmer. Banyak yang melakukan cosplay, atau permainan kostum, saat menonton keduanya. 

Beberapa orang membagikan mereka menonton Barbie dengan baju dominan pink. Sementara itu, mereka menonton Oppenheimer dengan setelan jas hitam. Bahkan ada yang menukar warna kostum untuk menonton film-film tersebut.

Keseruan para penggemar tidak hanya mengenai pakaian yang digunakan saat menonton, tetapi juga meme yang tersebar di media sosial. Banyak kreator yang membuat meme berbentuk foto dan video untuk menyambut Barbenheimmer di bioskop. Salah satu yang banyak ditonton adalah video suntingan Oppenheimer di dunia Barbie.

Dilansir dari Independent, selama akhir pekan pembukaan di bioskop, Barbie diperkirakan akan meraup sebanyak US$110 juta atau Rp1,6 triliun dan Oppenheimer sebanyak US$50 juta atau Rp751 miliar. Perbandingan ini tidak mengherankan jika dilihat dari promosi yang dilakukan oleh Barbie. 

Barbie bahkan melakukan kolaborasi dengan banyak merek untuk promosi film tersebut. Salah satunya adalah merek ZARA, mulai dari baju hingga sepatu. Merchandise Barbie dari bioskop juga banyak yang menyediakan, seperti CGV dan XXI. 


Tidak mau kalah, Oppenheimer mendapatkan banyak pujian mengenai jalan ceritanya. Para penonton mengatakan mereka puas dengan film tersebut. Dilansir dari Deadline, kritikus film menyukai kedua film dengan Barbie dengan sertifikasi 89% dan Oppenheimer dengan 93%. Oppenheimer melampaui pendapatan Dunkirk yang juga disutradarai Nolan.

Prediksi yang diperkirakan sebelumnya memang terjadi. Oppenheimer mendapatkan US$5,5 juta Rp82 miliar atau Rp pada Kamis (20/7/23), US$19,7 juta atau Rp295 miliar pada Jumat (21/7/23), dan total US$50,5 juta atau Rp758 miliar selama 3 hari. Akhir pekan perilisan kedua film ini banyak dinantikan untuk melihat hasil pendapatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro