Austria/livinginaustria.jimdo.com
Travel

Ada dari Eropa sampai Australia, Inilah Kota Paling Layak Huni 2023

Maretha Uli Hutagalung
Selasa, 25 Juli 2023 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehidupan di kota besar memiliki banyak tantangan, mulai dari persaingan pekerjaan, tempat tinggal, biaya hidup, fasilitas, dan yang lainnya.

Namun, di antara semua kota besar yang ada di dunia, terdapat sejumlah kota yang dinilai paling baik.

Economist Intelligence Unit (EIU) telah mengurutkan kota-kota di dunia dari segi kelayakan hidup.

Kelayakan hidup suatu kota dinilai berdasarkan kategori stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur.

Pada tahun 2023, sebanyak 173 kota masuk ke dalam daftar. Tahun ini, EIU juga mempertimbangkan kondisi pemulihan dari pandemi Covid-19, mengingat situasi pandemi yang semakin membaik.

Secara keseluruhan, kondisi setiap kota di dunia sudah membaik. Skor rata-rata yang diperoleh tahun ini adalah yang tertinggi dalam 15 tahun terakhir, menunjukkan adanya progres dan pemulihan global.

Berikut adalah sepuluh kota paling layak huni dalam laporan The Global Liveability Index EIU 2023:

10. Auckland, Selandia Baru dan Osaka, Jepang

Auckland dan Osaka menempati posisi yang setara. Auckland mendapat peningkatan yang besar sejak tahun lalu, dengan naik 25 peringkat.

Osaka menunjukkan pemulihan pandemi yang baik, dengan mengkolaborasikan multikulturalisme di kota yang padat penduduk tersebut.

9. Toronto, Kanada

Toronto menunjukkan konsistensi sebagai kota layak huni. Tahun lalu, Toronto juga berada dalam 10 besar, tepatnya pada posisi 8.

8. Jenewa, Swiss

Tahun ini, kota-kota Eropa mengalami tren penurunan peringkat secara umum. Namun, Jenewa tetap berada di puncak dengan turun hanya 1 peringkat saja dari tahun lalu. Pendidikan menjadi faktor penunjang performa yang baik di tahun ini.

7. Calgary, Kanada

Calgary mendapat nilai sempurna untuk stabilitas, infrastruktur, pendidikan, dan layanan kesehatan. Namun, penurunan nilai budaya dan lingkungan membuat Calgary turun dari peringkat 3 pada tahun 2022.

6. Zurich, Swiss

Kota paling besar di Swiss ini juga mengalami penurunan peringkat. Dari posisi yang sama dengan Calgary pada 2022 menjadi posisi 6.

Selain menjadi salah satu kota paling layak hidup, Zurich juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termahal.

5. Vancouver, Kanada

Vancouver mempertahankan posisi yang sama dari tahun lalu dengan nilai sempurna untuk layanan kesehatan dan pendidikan. Vancouver menyajikan kehidupan kota canggih tetapi masih memiliki unsur alami yang indah.

4. Sydney, Australia

Sydney mendapat nilai sempurna untuk layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Posisinya yang tinggi juga dipengaruhi oleh penurunan performa sejumlah kota-kota Eropa.

3. Melbourne, Australia

Kota lain yang layak huni di Australia adalah Melbourne, setelah melewati tekanan akibat pandemi. Melbourne mendapat nilai 100 untuk layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastrukturnya.

2. Copenhagen, Denmark

Dengan layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur sempurna, Copenhagen mempertahankan peringkat tinggi di dalam daftar. Selain itu, Denmark adalah salah satu negara paling bahagia.

1. Vienna, Austria

Vienna telah dua tahun berturut-turut dan empat kali dalam lima tahun menjadi kota paling layak huni versi EIU.

Kombinasi stabilitas, infrastruktur yang bagus, pendidikan berkualitas, layanan kesehatan, dan budaya memberikan Vienna nilai tertinggi untuk menjadi kota paling layak huni di dunia pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro