Air kelapa
Health

Sering Minum Air Kelapa? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Salma Permata Dewi
Rabu, 26 Juli 2023 - 18:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Minuman berbahan air kelapa sangat banyak ditemukan di pasaran. Air kelapa segar juga mudah ditemukan di Indonesia yang merupakan negara tropis.

Air kelapa terkenal akan kesegarannya. Selain itu, air kelapa juga bisa menjadi obat penyakit.

Dilansir dari Prevention, ahli gizi di Optivia Jennifer Christman mengatakan untuk memilih minuman berbahan air kelapa yang 100 persen asli.

Hindari minuman air kelapa yang mengandung bahan tambahan, seperti gula atau pengawet. Meminum air kelapa langsung dari buah kelapa itu lebih baik.

Air kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium. Air kelapa juga sering digunakan masyarakat saat keracunan.

Lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat-manfaat air kelapa bagi kesehatan.

1. Kaya akan nutrisi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, air kelapa kaya akan nutrisi, terutama nutrisi utama, seperti potasium, sodium, magnesium, dan kalsium.

Ahli diet mengatakan jika diet Anda kekurangan salah satu nutrisi ini, air kelapa mungkin bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan harian.

2. Sumber elektrolit alami

Menurut National Library of Medicine, elektrolit adalah mineral yang tidak ditemukan dalam air yang membantu menjaga berbagai fungsi tubuh yang penting termasuk hidrasi, fungsi otot, dan pH darah yang seimbang. Saat berkeringat, Anda kehilangan elektrolit.

Meskipun minuman olahraga dapat membantu memulihkannya setelah berolahraga dengan baik, minuman tersebut biasanya disertai dengan tambahan gula yang tidak perlu. Air kelapa murni tidak memiliki gula tambahan itu.

Satu cangkir air kelapa mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah elektrolit dari minuman olahraga.

3. Tinggi potasium

Asupan potasium yang tidak mencukupi dapat meningkatkan tekanan darah, menguras kalsium dalam tulang, dan meningkatkan risiko batu ginjal.

Secangkir air kelapa memberikan 500 mg nutrisi potasium, maka ini akan bermanfaat bagi tubuh yang kekurangan potasium. Kurangi minum air kelapa jika Anda memiliki kadar kalium yang tinggi dalam darah.

4. Mendukung kesehatan jantung

Mendapatkan lebih banyak potasium melalui air kelapa dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Ahli diet Sarah Olszewski mengatakan bahwa potasium dapat membantu mengendurkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah yang sehat dan mengatur tingkat tekanan darah.

5. Rendah kalori

Air kelapa adalah minuman yang baik untuk menurunkan berat badan karena lebih rendah kalori daripada minuman alternatif, seperti jus dan soda. Namun, air kelapa tidak akan pernah sebaik menurunkan berat badan seperti air biasa yang bebas kalori. Mengganti minuman berkalori tinggi dengan air kelapa murni bisa menjadi pilihan yang lebih sehat bagi orang yang ingin mengatur berat badannya.

6. Sangat menghidrasi

Minum cukup air setiap hari adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan. Air kelapa dapat membantu orang memenuhi kebutuhan hidrasi karena mengandung sekitar 95% air.

7. Antioksidan kuat

Air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh dan melindungi sel dari stres oksidatif. Studi berbasis hewan telah mengeksplorasi teori ini dengan hasil yang positif, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan pada manusia untuk menentukan seberapa kuat efek pencegahannya sebenarnya.

Air kelapa aman diminum oleh semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Walaupun memiliki banyak manfaat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam mengonsumsinya.

Dilansir dari WebMD, air kelapa dapat mengganggu tekanan darah dan kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Oleh karena itu, Anda perlu menghentikan penggunaan air kelapa setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.

Anda juga perlu memperhatikan konsumsi air kelapa yang dikombinasikan dengan obat-obatan. Mengambil air kelapa bersamaan dengan obat yang menurunkan tekanan darah dapat menyebabkan tekanan darah menjadi terlalu rendah.

Kemudian, mengonsumsi air kelapa bersama dengan obat diabetes juga dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah. Anda perlu memantau tekanan darah atau gula darah jika melakukan kombinasi tersebut.

Lalu, apakah boleh mengonsumsi air kelapa setiap hari bahkan dua kali sehari? Dilansir dari The Indian Express, sebaiknya jangan mengonsumsi air kelapa terlalu sering.

Ahli gizi dan pendiri Steadfast Nutritionist Aman Putri mengatakan bahwa konsumsi air kelapa yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Tidak hanya itu, terlalu banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dengan meningkatkan kadar potasium yang dapat menyebabkan masalah ginjal dan detak jantung tidak teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro