Wortel
Health

8 Sayuran yang Lebih Sehat Dimasak Daripada Mentah

Salma Permata Dewi
Selasa, 1 Agustus 2023 - 18:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sayuran merupakan makanan yang kaya nutrisi dan banyak bermanfaat bagi tubuh. Tiap sayuran memiliki manfaatnya masing-masing.

Beberapa sayuran yang dimasak mungkin terasa tidak enak. Dilansir dari Treehugger, ini dikarenakan sayuran mengalami perubahan rasa, dan tekstur ketika dimasak. Tidak heran jika begitu banyak nutrisinya yang hilang juga.

Dilansir dari The Conversation, ada keyakinan bahwa semakin sedikit makanan olahan, semakin baik. Namun, tidak semua makanan, termasuk sayuran, lebih bergizi jika dimakan mentah. Ada beberapa sayuran justru lebih bergizi saat dimasak. 

Ini beberapa sayuran yang lebih sehat ketika dimasak:

1. Labu

Labu yang dimasak memiliki semua jenis antioksidan yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah beta-karoten yang lebih mudah diserap setelah dipanaskan.


2. Asparagus

Memasak asparagus membantu memecah dinding sel tebal asparagus yang membuat tubuh sulit menyerap vitamin A, C, E, dan folat dari asparagus. Sebuah studi di International Journal of Molecular Sciences menemukan bahwa memasak asparagus menyediakan lebih dari dua kali lipat tingkat dua jenis asam fenolik yang dikaitkan dengan tingkat kanker yang lebih rendah.


3. Tomat

Memasak tomat dapat memecah dinding sel dan melepaskan likopen untuk dinikmati oleh tubuh. Asupan likopen yang tinggi  telah dikaitkan  dengan risiko kanker dan serangan jantung yang lebih rendah. 


4. Wortel

Sebuah studi dari University of Arkansas menemukan bahwa wortel yang dimasak memiliki kadar beta-karoten yang lebih tinggi. Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang berfungsi untuk pertumbuhan, perkembangan normal, fungsi kekebalan, dan penglihatan.


5. Jamur

Jamur pada dasarnya tidak dapat dicerna jika tidak dimasa. Memanaskannya secara menyeluruh melepaskan nutrisi yang dikandungnya, termasuk protein, vitamin B, dan mineral, serta berbagai senyawa baru yang tidak ditemukan pada makanan lain, sehingga mudah diserap tubuh.


6. Bayam

Folat, vitamin C, niasin, riboflavin, dan potasium lebih banyak tersedia dalam bayam jika dimakan mentah. Namun, memasak bayam dapat meningkatkan vitamin A dan E, protein, serat, seng, thiamin, kalsium, zat besi, dan karotenoid penting, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Ini juga menjadi lebih mudah diserap saat bayam dimasak.


7. Brassica

Brassica meliputi brokoli, kembang kol, dan kecambah brussel. Penelitian telah menemukan bahwa mengukus sayuran ini mempertahankan vitamin C dan mirosinase. Dengan ini, senyawa pelawan kanker yang bisa Anda dapatkan. 


8. Paprika

Paprika adalah sumber antioksidan penambah sistem kekebalan tubuh, terutama karotenoid, beta-karoten, beta-cryptoxanthin, dan lutein. Panas memecah dinding sel sehingga membuat karotenoid lebih mudah diserap tubuh Anda. Vitamin C hilang saat paprika direbus atau dikukus karena vitaminnya bisa larut ke dalam air. Cobalah memanggang paprika sebagai gantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro