Kembang kol/Istimewa
Health

10 Sayuran yang Banyak Mengandung Air, Jaga Hidrasi Tubuh

Kresensia Kinanti
Kamis, 13 Juli 2023 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semua orang pasti sering mendengar bahwa minum air putih yang cukup sangat penting untuk tubuh, tetapi mengapa?

Tubuh bergantung pada simpanan air untuk menjalankan berbagai fungsi penting. Faktanya, hingga 60 persen dari tubuh manusia adalah air. Air memungkinkan komunikasi sel, pengiriman oksigen, penyerapan nutrisi, dan detoksifikasi ke seluruh tubuh.

Air juga membantu melumasi persendian, mengatur suhu tubuh, dan memproduksi air liur. Selain itu, air juga membantu tubuh menjaga kesehatan usus, hati, dan ginjal secara optimal.

Meskipun kebutuhan cairan setiap orang akan berbeda tergantung pada berbagai faktor fisik, genetik, dan lingkungan target hidrasi yang baik adalah minum antara 8 hingga 12 gelas (64 hingga 96 ons cairan) per hari.

Memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh adalah kunci untuk tetap terhidrasi. Namun, selain dengan minum air mineral yang cukup, ada cara lain yang dapat dilakukan.

Ada banyak makanan yang mengandung banyak air seperti buah dan sayur-sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

Ini 10 sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi dan baik:

1. Timun

Timun adalah salah satu sayuran yang paling banyak mengandung air dan kandungan airnya bisa mencapai 95 persen.

2. Tomat

Buah botani lain yang sering dianggap dan digunakan sebagai sayuran ini kaya akan air, dengan kandungan air hingga 95 persen. Tomat juga kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman seperti likopen, yang merupakan penguat kesehatan mata.

3. Bayam

Mungkin bukan hanya zat besi yang ditemukan dalam bayam yang membuat Popeye begitu kuat. Dengan kandungan air hingga 91 persen, bayam dapat membantu memberikan kebutuhan mineral dalam tubuh untuk mencapai mencapai target hidrasi harian Anda.

bayam
bayam

4. Jamur

Jika Anda pernah menumis jamur dan melihatnya menyusut, Anda pasti tahu bahwa jamur mengeluarkan banyak air saat dimasak. Jamur mengandung hingga 93 persen air.

5. Selada

Mengonsumsi selada hanpir sama dengan mengonsumsi segelas air putih. Selada memiliki kandungan serat dan mikronutrien yang tinggi seperti sayuran lain atau sayuran hijau yang lebih gelap.

6. Zucchini

Zucchini adalah sayuran serbaguna yang menawarkan banyak sekali mikronutrien seperti vitamin dan mineral, dan juga menawarkan air dalam jumlah besar. Faktanya, 95 persen dari zucchini adalah air, itulah sebabnya banyak resep yang menggunakan parutan zucchini mengharuskan Anda untuk memeras airnya terlebih dahulu untuk mencegah masakan jadi yang lembek.

sayuran yang mengandung air zucchini
sayuran yang mengandung air zucchini

7. Seledri

Seledri memiliki kandungan air sebanyak 95 persen. Sayuran yang layak dijadikan camilan ini menggabungkan dua nutrisi yang paling mengenyangkan, air dan serat, untuk membantu menjaga kekebalan tubuh, usus, otak, dan kesehatan jantung Anda.

8. Lobak

Meskipun sering kali menjadi tambahan dalam salad, lobak memiliki begitu banyak nutrisi yang ditawarkan. Di luar kandungan airnya yang mencapai 95 persen, lobak juga kaya akan vitamin C, kalsium, kalium, dan senyawa tanaman seperti antosianin. Nutrisi ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, tulang, dan kesehatan jantung.

9. Paprika

Baik merah, kuning, hijau, oranye, atau warna lain, paprika adalah hidrator super, dengan kandungan air hingga 94 persen. Sayuran favorit untuk tumisan ini juga kaya akan vitamin C, serat, dan senyawa tanaman.

10. Kembang Kol

Sayuran silangan ini mengandung sekitar 92 persen air, sehingga layak mendapat tempat di daftar sayuran yang menghidrasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro