Cara mencegah prokrastinasi atau menunda-nunda pekerjaan
Health

Kenali Prokrastinasi dan Cara Mengatasinya Menunda-nunda Pekerjaan

Maretha Uli
Kamis, 3 Agustus 2023 - 18:05
Bagikan

Sering menunda sampai tahap yang kronis bisa menjadi indikasi adanya masalah mental yang lebih serius. Prokrastinasi bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami gangguan kecemasan dan depresi. 

Prokrastinasi juga pada saat yang bersamaan akan memperburuk tingkat stres dan kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit fisik lainnya, termasuk gangguan kardiovaskular.

Sebelum mengarah pada kondisi yang lebih serius, kebiasaan menunda perlu diperbaiki. Alofoje dan profesor psikologi California State University, Larry Rosen memberikan beberapa rekomendasi hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi prokrastinasi.

1. Temukan Penyebabnya

Panduan jenis prokrastinasi bisa menjadi alat bantu Anda untuk mencari tahu penyebab Anda melakukan penundaan terus menerus. Cari tahu apakah Anda merasa takut gagal atau tidak menyukai pekerjaan yang Anda tunda tersebut.


2. Lakukan Pekerjaan Secara Bertahap

Jika alasan Anda menunda adalah pekerjaan yang berat dan sulit, membagi-baginya ke dalam beberapa pekerjaan kecil akan memudahkan Anda. Dengan membagi pekerjaan dan melakukannya bertahap secara perlahan, Anda akan menyelesaikannya sedikit demi sedikit.


3. Visualisasikan Tujuan Anda

Ingat apa tujuan Anda melakukan pekerjaan tersebut dan apa yang akan Anda dapatkan saat menyelesaikannya. Mengingat apa yang akan Anda dapatkan di akhir akan membuat Anda termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. 


4. Jeda dari Teknologi

Apabila alasan Anda melakukan prokrastinasi adalah gangguan, Anda bisa menjauhkan distraksi tersebut dari Anda. Biasanya gangguan dalam bekerja itu muncul dari teknologi seperti notifikasi pesan, tayangan televisi, dan sebagainya. Jauhkan semua perangkat Anda dan cobalah fokus sebentar pada pekerjaan Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro