kutu penyebab Lyme Disease
Health

Gejala dan Penyebab Lyme Disease yang Dialami Bella Hadid

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Agustus 2023 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selebriti Bella Hadid membagikan pengalamannya bertahun-tahun berjuang melawan Lyme Disease.

Model berusia 26 tahun, yang pertama kali didiagnosis menderita penyakit tersebut sekitar tahun 2013, dan selama bertahun-tahun menjalankan perawatan untuk penyakitnya itu.

Pada 6 Agustus, dia menulis posting panjang di Instagram tentang "tidak menyerah" saat dia terus bekerja untuk meningkatkan kesehatannya.

“Saya yang kecil yang menderita akan sangat bangga dengan saya yang sudah dewasa karena tidak menyerah pada diri saya sendiri,” tulisnya.

Lantas apa itu Lyme Disease? 

Dilansir dari Mayo Clinic, Lyme Disease adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri borrelia. Manusia biasanya terkena penyakit Lyme dari gigitan kutu yang membawa bakteri tersebut.

Kutu yang dapat membawa bakteri borrelia hidup di sebagian besar Amerika Serikat. Tapi penyakit Lyme paling umum di Midwest bagian atas dan negara bagian timur laut dan Atlantik tengah. Ini juga umum di Eropa dan di Kanada tengah selatan dan tenggara.

Anda berisiko terkena penyakit Lyme jika Anda menghabiskan waktu di tempat tinggal kutu, seperti area berumput, semak, atau berhutan. Mengambil tindakan pengamanan di area ini dapat menurunkan risiko penyakit Lyme.

Gejala

Gigitan kutu mungkin terlihat seperti benjolan kecil yang gatal di kulit Anda, seperti gigitan nyamuk. Ini tidak berarti Anda memiliki penyakit yang ditularkan melalui kutu. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka telah digigit kutu.

Gejala penyakit Lyme bervariasi. Mereka biasanya muncul secara bertahap. Tapi tahapannya bisa tumpang tindih. Dan beberapa orang tidak memiliki gejala tahap awal yang khas.

Berikut tahapan gejala Lyme Disease

-Tahap 1

Gejala awal penyakit Lyme biasanya terjadi dalam 3 hingga 30 hari setelah gigitan kutu. Tahap penyakit ini memiliki serangkaian gejala yang terbatas. Ini disebut penyakit lokal awal.

Ruam adalah tanda umum penyakit Lyme. Tapi itu tidak selalu terjadi. Ruam biasanya berupa lingkaran tunggal yang menyebar perlahan dari tempat gigitan kutu. Ini mungkin menjadi jelas di tengah dan terlihat seperti target atau tepat sasaran. Ruam sering terasa hangat saat disentuh, tetapi biasanya tidak nyeri atau gatal.

Gejala stadium 1 lainnya termasuk:

Demam.
Sakit kepala.
Kelelahan ekstrim.
Kekakuan sendi.
Sakit dan nyeri otot.
Pembengkakan kelenjar getah bening.

- Tahap 2

Tanpa pengobatan, penyakit Lyme bisa bertambah parah. Gejalanya sering muncul dalam 3 hingga 10 minggu setelah gigitan kutu. Tahap 2 seringkali lebih serius dan meluas. Ini disebut penyakit disebarluaskan awal.

Tahap 2 mungkin termasuk gejala tahap 1 dan berikut ini:

Banyak ruam di bagian tubuh lain.
Nyeri atau kekakuan leher.
Kelemahan otot pada satu atau kedua sisi wajah.
Aktivitas sistem kekebalan di jaringan jantung yang menyebabkan detak jantung tidak teratur.
Nyeri yang dimulai dari punggung dan pinggul dan menyebar ke kaki.
Nyeri, mati rasa atau kelemahan pada tangan atau kaki.
Pembengkakan yang menyakitkan di jaringan mata atau kelopak mata.
Aktivitas sistem kekebalan pada saraf mata yang menyebabkan rasa sakit atau kehilangan penglihatan.

- Tahap 3

Pada tahap ketiga, Anda mungkin memiliki gejala dari tahap sebelumnya dan gejala lainnya. Tahap ini disebut penyakit disebarluaskan akhir.

Di Amerika Serikat, kondisi paling umum dari tahap ini adalah artritis pada persendian besar, terutama lutut. Nyeri, bengkak, atau kaku bisa berlangsung lama. Atau gejalanya bisa datang dan pergi. Gejala stadium 3 biasanya mulai 2 hingga 12 bulan setelah gigitan kutu.

Jenis penyakit Lyme yang umum di Eropa dapat menyebabkan kondisi kulit yang disebut acrodermatitis chronic atrophicans. Kulit di punggung tangan dan bagian atas kaki berubah warna dan membengkak. Itu juga mungkin muncul di atas siku dan lutut. Kasus yang lebih serius dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan atau persendian.

Kondisi kulit ini dapat muncul berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah gigitan kutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro