Gunung Pancar/Istimewa
Travel

Hindari Polusi, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Jakarta

Mutiara Nabila
Rabu, 9 Agustus 2023 - 20:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Belakangan polusi di Jakarta semakin kacau, langit terlihat abu-abu tapi bukan karena kabut. 

Selain pemandangan yang lusuh, kualitas udara di Jakarta juga terus memburuk. Air Quality Index (AQI) mencatat udara di Jakarta berada rata-rata di angka 170 atau sangat berbahaya. 

Parahnya lagi, Nafas.id mencatat kondisi ini membuat warga Jakarta bagaikan menghisap 112 batang rokok per bulan. 

Jika terlalu penat dengan kondisi Jakarta ini, lima tempat wisata ini bisa menjadi tujuan untuk sejenak menenangkan pikiran dan menghirup udara segar namun jaraknya tak jauh dari Jakarta. 

1. Pantai dan Hutan Mangrove Muara Beting

Meskipun sama panas dan padatnya dengan Kota Jakarta, namun Kota Bekasi ternyata punya tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, yaitu pantai dan hutan mangrove Muara Beting. 

Pantai ini berada di desa Pantai Bahagia, yang tidak jauh dari pusat kota Bekasi. Di pantai ini, selain disuguhkan pemandangan lautan, juga terdapat hutan mangrove yang asri dan memberi kesejukan. 

2. Ari terjun Leuwi Hajo 

Air terjun Leuwi Hajo berada di wilayah Sentul, Bogor. Air terjun yang tidak terlalu deras namun indah ini membuat tempat ini cukup aman dan nyaman untuk berwisata. 

Harga tiket masuknya pun murah meriah, hanya dengan Rp15.000 per orang, sudah bisa masuk dan menikmati keindahan alam di sekitar air terjun ini. 

3. Taman Safari Indonesia

Tempat wisata satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Taman Safari terletak di kawasan Cisarua Bogor. Di sini, kita bisa melihat berbagai jenis fauna baik dari dalam dan luar negeri sambil menikmati pemandangan dan alam yang asri. 

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai atraksi hewan-hewan sambil menikmati hawa yang sejuk. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp150.000 per orang sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada di Taman Safari Indonesia. 

4. Kebun Raya Cibodas

Tak perlu jauh-jauh ke Jepang, di kebun raya Cibodas kita bisa menemukan pohon bunga sakura yang cantik menawan. 

Ada pula hamparan lapangan hijau yang bergelombang dengan latar belakang gunung Gede yang semakin menambah kecantikan tempat ini. Untuk bisa masuk ke Kebun Raya Cibodas, tiket masuknya dibanderol dengan harga hanya Rp9.500 rupiah per orang.

5. Hutan Pinus Gunung Pancar

Berwisata ke hutan pinus Gunung Pancar dapat jadi pilihan untuk menghirup udara segar sebanyak-banyaknya. 

Hutan pinus ini terletak di kawasan Bogor dan tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta. Selain sejuk dan indah, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas. 

Untuk bisa masuk ke hutan pinus ini, dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10.000 sebagai tiket masuk. Adapun, tiket masuk pemandian air panas juga dikenakan biaya Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro