Kesehatan telinga
Health

Sering Korek Kuping di Rumah? Waspada Ini Bahayanya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Agustus 2023 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang menyimpan sekotak earbud di samping sisir, krim, dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

Mereka sering menggunakan ini setidaknya sekali sehari untuk membersihkan kotoran di dalam telinga mereka. Namun, memasukkan earbud ke telinga Anda bisa berbahaya.

Cotton buds dirancang untuk membersihkan hanya bagian luar telinga Anda, jika diperlukan. Padahal, kotoran telinga penting untuk telinga Anda.

Kotoran telinga penting menangkap debu, partikel asing, dan mikroorganisme, mencegahnya mencapai telinga tengah dan dalam yang sensitif. Ini juga mencegah kulit di dalam liang telinga mengering dan menjadi iritasi.

Jika Anda juga sering menggunakan cotton buds, berikut beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi

1. Dapat memperburuk kondisi kesehatan telinga Anda

Alih-alih 'membersihkan' telinga Anda, memasukkan earbud ke liang telinga justru dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam, yang dapat meningkatkan risiko penyumbatan. Selain itu, earbud dapat menyebabkan robekan mikro pada kulit liang telinga yang halus. Ini dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan bahkan infeksi.

2. Risiko penyumbatan​

Penggunaan earbud yang tidak tepat dapat menyebabkan serumen menjadi padat di dalam telinga Anda, yang menyebabkan penyumbatan. Ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, nyeri, tinitus (telinga berdenging), dan pusing. Jika Anda mengalami kondisi seperti itu, konsultasikan dengan dokter Anda atau spesialis THT, alih-alih mencoba menghilangkan sumbatan sendiri.

3. ​Risiko infeksi​

Memasukkan earbud dapat memasukkan bakteri ke dalam liang telinga, menyebabkan infeksi yang menyakitkan. Merusak lapisan pelindung namun sensitif saluran telinga dengan earbud juga dapat mempermudah bakteri untuk menyerang dan menyebabkan infeksi.

4. Risiko gangguan pendengaran

Earbud yang salah penanganan bahkan dapat merusak struktur halus yang bertanggung jawab untuk pendengaran dan keseimbangan di telinga bagian dalam. Ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, vertigo, dan masalah terkait keseimbangan lainnya.

​Alternatif yang lebih aman untuk menjaga kebersihan telinga​

Dalam kebanyakan kasus, mekanisme pembersihan telinga bekerja secara efektif. Jadi Anda tidak perlu melakukan apapun. Kelebihan kotoran telinga biasanya akan bermigrasi keluar dari saluran telinga dengan sendirinya. Jika Anda ingin membersihkannya, seka telinga bagian luar secara perlahan dengan kain bersih dan lembap setelah mandi.

Jika Anda mengalami gejala yang mengganggu seperti penyumbatan telinga, gangguan pendengaran, nyeri, atau ketidaknyamanan, konsultasikan dengan dokter Anda. Mereka dapat dengan aman dan efektif menghilangkan kotoran telinga yang tersumbat menggunakan alat khusus. Jangan mencoba melepasnya sendiri di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro