Pijat refleksi/Istimewa
Health

8 Manfaat Terapi Pijat untuk Kesehatan

Kresensia Kinanti
Senin, 14 Agustus 2023 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pijat adalah salah satu tradisi penyembuhan kuno yang diyakini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Terapi pijat adalah aktivitas memberi tekanan pada anggota tubuh, terutama kulit, otot, dan urat, dengan teknik atau metode tertentu.

Pijat merupakan salah satu bentuk terapi alternatif yang banyak digunakan untuk meredakan gejala penyakit tertentu. Terapi ini tidak hanya dapat memberikan efek relaksasi, tetapi juga dapat memberikan beragam manfaat lain bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat terapi pijat:

1. Memperbaiki kualitas tidur

Pijat yang dilakukan secara rutin terbukti dapat menurunkan tingkat depresi dan rasa cemas serta meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena pijat dapat memicu pelepasan hormon serotonin, yaitu hormon yang dapat menimbulkan rasa tenang.

Penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat dapat bermanfaat bagi penderita insomnia yang telah menopause atau menderita gagal jantung kongestif.

2. Meredakan sakit kepala

Terapi pijat bisa bermanfaat untuk meringankan keluhan sakit kepala, termasuk migrain. Studi menunjukkan bahwa terapi pijat dapat meredakan gejala nyeri dan memperbaiki kualitas tidur pada orang yang sering merasakan sakit kepala atau migrain.

3. Merangsang pembentukan jaringan otot

Kelumpuhan, stroke, atrofi otot, atau multiple sclerosis adalah beberapa jenis kondisi yang dapat menyebabkan menyusutnya jaringan otot. Untuk merangsang kembali pembentukan jaringan otot yang menyusut, terapi pijat bisa dilakukan sebagai terapi tambahan.

4. Mengurangi nyeri sendi

Nyeri dan kaku pada sendi merupakan salah satu keluhan yang cukup umum terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh radang sendi atau osteoartritis.

Studi menunjukkan bahwa terapi pijat bisa dilakukan sebagai terapi tambahan untuk meringankan nyeri dan meningkatkan pergerakan sendi pada penderita radang sendi.

5. Peningkatan suplai darah tulang

Tulang juga memiliki suplai darah dan menerima manfaat yang sama dari pijatan seperti halnya otot-otot. Aliran darah membawa kalsium dan mineral lain ke tulang untuk mendukung kekuatan dan fungsinya.

6. Mendukung kesehatan jantung

Vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang dihasilkan oleh pijatan meningkatkan aliran balik vena yang dapat meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke seluruh organ tubuh. Seluruh sistem kardiovaskular akan menjadi rileks dan sirkulasi di seluruh tubuh meningkat.

7. Kesehatan pencernaan

Pijatan seluruh tubuh dapat memberikan efek yang baik pada bagaimana tubuh memproses makanan dan nutrisi. Sistem saraf parasimpatis mengatur pencernaan, memproduksi bahan kimia yang dibutuhkan (seperti air liur, asam lambung, dan insulin) dan menstimulasi gerakan peristaltik, yang menggerakkan makanan melalui usus.

8. Mengurangi stress

Terapi pijat diketahui dapat membantu tubuh untuk meningkatkan empat jenis hormon yang menimbulkan perasaan bahagia, yaitu serotonin, dopamin, endorphin, dan oksitoksin.

Peningkatan hormon-hormon tersebut tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga stres yang dirasakan sebelumnya pun akan berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro