Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Manfaat Pijat untuk Bayi, Moms Perlu Tahu

Pijitan pada bayi tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit dan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, tapi juga memperkuat bonding antara bayi dan orang tua.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  12:13 WIB
Manfaat Pijat untuk Bayi, Moms Perlu Tahu
Bayi dipijat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bayi dan anak-anak rentan terserang berbagi virus dan penyakit karena daya tahan tubuhnya yang masih lemah atau belum kuat. Apalagi di saat pergantian musim yang sering ditandai dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Perubahan cuaca yang ekstrim, acap kali membuat si kecil rentan menderita batuk pilek. Banyak orang tua yang memilih memberikan berbagai jenis obat-obatan kepada buah hatinya. Namun sayang, tidak semua anak mau dengan mudah untuk meminum obat.

Selain itu, belum tentu obat-obatan yang mereka konsumsi cocok dan ampuh mengatasi penyakit yang diderita. Apalagi bagi anak usia di bawah 2 tahun, jika sering diberikan obat kimia, berpotensi menimbulkan efek samping serius di kemudian hari.

Founder VY Mom & Baby Care Massage Expert Evi Putri Damayanti, mengatakan salah satu cara untuk membantu meredakan rasa sakit pada bayi adalah melalui pijitan (infant massage). Agar hasil dari pijatan ini lebih  maksimal adalah dengan menggunakan minyak alami yang tidak menimbulkan alergi pada kulit.

"Produk-produk minyak esensial natural yang telah diformulasikan untuk kulit bayi bisa dipertimbangkan karena terbukti aman untuk kulit anak dan bayi," ujarnya.

Pijitan pada bayi tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit dan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, tetapi juga sebagai metode untuk memperkuat bonding antara bayi dan orang tua.

Sementara itu, dilansir dari Healthline,

Pijat bayi memiliki beragam manfaat. Dengan setiap usapan lembut, bayi Anda akan merasa diasuh dan dicintai, memperkuat ikatan antara Anda berdua. Pijat juga akan membuat bayi Anda merasa lebih rileks, yang dapat meningkatkan kualitas tidurnya.

Beberapa penelitian menunjukkan pijat bayi bahkan dapat meningkatkan pertumbuhan yang sehat, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Kami telah menyusun panduan praktis tentang manfaat dan teknik. Ini akan mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang pijat bayi.

Pijat bayi adalah cara yang bagus untuk mendekatkan Anda dan si kecil. Kepercayaan dan komunikasi berkembang saat Anda berinteraksi dengan bayi Anda. Sentuhan Anda yang menenangkan akan membuat bayi Anda merasa dicintai dan diperhatikan juga.

Bayi Anda juga akan merasa rileks saat dipijat. Laporan anekdot menunjukkan relaksasi ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur mereka, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Menurut International Association of Infant Massage (IAIM), pijat bayi dapat membantu merangsang sistem peredaran darah dan pencernaan. Ini mungkin, pada gilirannya, membantu beberapa bayi dengan kondisi seperti:

  • Gas
  • Kram
  • Sakit perut
  • Sembelit

Pijat juga dapat membantu meredakan ketegangan otot, nyeri tumbuh, dan ketidaknyamanan tumbuh gigi, serta merangsang pertumbuhan bayi prematur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan bayi kebutuhan bayi pijat bayi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top