Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat/Freepik
Health

Tanda-Tanda Sudah Saatnya Mengganti Rutinitas Perawatan Kulit

Salma Permata Dewi
Senin, 14 Agustus 2023 - 19:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar orang, semua gender dan umur, memiliki rutinitas perawatan kulit. Melakukan hal terkecil untuk merawat dan melindungi kecil juga termasuk dalam rutinitas.

Tiap orang memiliki rutinitas perawatan kulit berbeda tergantung kebutuhannya masing-masing. Umumnya, perawatan kulit yang dilakukan adalah sesederhana mencuci muka dan menggunakan tabir surya. Banyak orang juga memiliki rutinitas yang prosesnya lebih lama, seperti menggunakan krim pagi, serum, dan masker wajah.

Dilansir dari Insider, Senin (14/8/2023), Anda bisa memilih rutinitas perawatan kulit bisa membuat nyaman dan bermanfaat dalam banyak hal, tetapi tidak selalu bertahan selamanya. Akan ada perubahan dalam kulit yang membuat rutinitas perawatan berubah.

Dalam hal menyusun rutinitas perawatan kulit khas yang baik, diperlukan uji coba dan kesalahan untuk menemukan daftar favorit yang tepat. Setelah semua eksperimen itu, tidak mudah untuk meninggalkan beberapa produk atau langkah perawatan kulit yang telah dicoba dan benar dalam rutinitas, tetapi terkadang, itu diperlukan.

Dilansir dari Real Simple, menurut Macrene Alexiades, dokter kulit, mengganti semua produk Anda sekaligus bukanlah ide yang cerdas. Dia merekomendasikan mengubah satu produk pada satu waktu dan tidak mengubah seluruh rutinitas Anda sekaligus. Jika ingin mengubah seluruh rutinitas Anda, cobalah satu produk baru setiap minggu. 

Simak tanda- tanda Anda perlu mengganti rutinitas perawatan kulit:

1. Telah menggunakan produk yang sama selamanya

Jika masih menggunakan toner yang sama dari SMA, Anda mungkin sudah waktunya untuk beralih. Vance Soto, Pendiri VSOTO Skincare dan pemilik The OleHenriksen Face/Body Spa, mengatakan bahwa kulit akan berubah seiring waktu dan membutuhkan produk yang berbeda tergantung tujuan. Kemungkinan besar Anda akan melihat perbedaan yang signifikan jika memilih produk untuk kulit dan usia Anda saat ini.

2. Tidak lagi melihat hasil

Jika telah menggunakan krim anti jerawat dan tiba-tiba muncul jerawat, ada kemungkinan Anda perlu mencoba beberapa produk baru. Anda juga bisa mencari bantuan profesional. Banyak spa dan klinik perawatan kulit menawarkan konsultasi gratis dan dapat membantu Anda memilih yang terbaik.

3. Musim berubah 

Tergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin ingin mengevaluasi kembali rutinitas perawatan kulit beberapa kali dalam setahun, terutama jika kulit Anda bereaksi terhadap cuaca. Musim panas atau kemarau mungkin membutuhkan pelembap yang lebih ringan dan tabir surya yang lebih banyak SPF.

Sementara itu, musim hujan atau dingin mungkin membutuhkan lebih banyak kelembapan dan bahan perawatan untuk udara dingin yang kering. Apa pun musimnya, Anda tetap perlu memakai tabir surya sepanjang tahun. 

4. Jenis kulit berubah

Jika kulit tiba-tiba kering, teriritasi, atau pecah-pecah, ada baiknya mencoba produk dengan bahan berbeda. Kulit bisa berubah seiring jalannya waktu. Anda perlu memperhatikan tanda-tanda tersebut dan hentikan penggunaan produk. 


5. Ingin mengubah sesuatu dari kulit

Meskipun tidak ada produk kulit yang menjamin kesempurnaan mutlak, mereka dapat membantu Anda mencapai beberapa tujuan atau penampilan perawatan kulit yang diinginkan. Ada begitu banyak cara dan produk berbeda untuk mengubah segalanya dan meningkatkan rutinitas Anda yang biasa agar sesuai dengan suasana hati, musim, atau estetika yang Anda inginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro