Polusi udara Jakarta. Gambar diambil menjelang Asian Games tahun lalu./Reuters
Health

Kualitas Udara Buruk, Warga Jakarta Diimbau Tak Olahraga di Luar Ruangan

Hesti Puji Lestari
Rabu, 16 Agustus 2023 - 06:25
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Sejak beberapa hari terakhir, isu tentang buruknya kualitas udara di Jakarta menjadi topik panas yang mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat Jakarta agar tidak mendapat efek buruk dari buruknya kualitas udara di Ibu Kota Indonesia tersebut.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI, Dr. Faisal Yunus  menjelaskan jika olahraga dilakukan di tengah polusi udara, justru berdampak buruk bagi paru-paru, Selasa (15/8).

"Olahraga bagus, tapi kalau udaranya berpolusi, makin banyak kita olahraga kan makin banyak udara yang masuk," kata Dr. Faisal Yunus seperti dilansir dari video Antaranews.

"Nantinya, olahraga kita tidak optimal. Kita olahraga menginginkan badan lebih sehat, tapi sebaliknya, semakin banyak olahraga justru semakin banyak udara kotor yang masuk ke dalam tubuh kita," tambahnya.

Mengacu pada alasan ini, Dr. Faisal menyarankan agar masyarakat memastikan lokasi olahraga terbebas dari polusi udara sebelum melalukan aktivitas tersebut.

Seperti diketahui, Jakarta secara konsisten menjadi salah satu kota dengan polusi udara terbanyak di dunia. Indeks kualitas udara di Jakarta berada di atas 100 dan tergolong sudah sangat berbahaya.

Selain Jakarta, berikut adalah beberapa kota di Indonesia yang kualitas udaranya buruk:

1. Terentang, Kalimantan Barat

2. Tangerang Selatan, Banten

3. Mempawah, Kalimantan Barat

4. Pontianak, Kalimantan Barat

5. Tangerang, Banten

6. Serang, Banten

7. Jakarta

8. Semarang, Jawa Tengah

Sebagai catatan, tingkat polusi di suatu wilayah dinamis berubah setiap saat, sehingga urutan kota dengan tingkat polusi paling tinggi pun bisa berubah-ubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro