Ilustrasi Diabetes/www.telegraph.co.uk
Health

Gejala Awal Diabetes pada Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun diabetes mempengaruhi pria dan wanita, tapi berdasarkan penelitian, perempuan lebih mungkin mengembangkan komplikasi jantung akibat diabetes daripada pria.

Karena itu, penting untuk mencegah dan mengetahui gejala awal diabetes pada perempuan agar bisa dikendalikan dan tidak memicu komplikasi.

Berikut gejala awal diabetes pada perempuan seperti dilansir dari Times of India:

1. ​Sering buang air kecil​

Rasa haus yang berlebihan dan peningkatan buang air kecil adalah tanda-tanda awal diabetes. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa. Jika Anda tiba-tiba mengalami tanda-tanda tersebut atau merasa tanda ini memengaruhi waktu tidur Anda, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

2. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Tanda klasik diabetes adalah penurunan berat badan terlalu cepat. Ini mungkin tampak baik pada awalnya, tetapi jika berat badan Anda turun tanpa usaha atau niat apa pun, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Diabetes dapat menyebabkan tubuh memecah otot dan lemak untuk energi ketika glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

3. Meningkatnya rasa lapar

Meskipun memiliki pola makan yang baik, penderita diabetes mungkin akan mengalami rasa lapar terus-menerus karena ketidakmampuan tubuh menggunakan glukosa untuk energi secara efektif. Meskipun ada beberapa penyebab peningkatan nafsu makan, berkonsultasi dengan dokter dapat membantu Anda menemukan penyebabnya sedini mungkin dan tanpa membiarkan penyakit berkembang dengan cepat.

4. Penyembuhan luka lambat

Pernahkah Anda melihat keterlambatan penyembuhan luka baru-baru ini? Tanda besar diabetes adalah penyembuhan luka yang lambat. Pada penderita diabetes, luka, sayatan, dan infeksi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh karena sirkulasi yang buruk dan fungsi kekebalan tubuh yang lemah terkait dengan diabetes.

5. Tanda lain yang perlu diperhatikan​

Selain tanda-tanda yang disebutkan di atas, tanda-tanda lain seperti lesu, lelah, penglihatan kabur, kesemutan di tangan dan kaki, dan mati rasa tidak boleh diabaikan. Tanda-tanda ini akan datang dan pergi, memberikan perasaan lega sementara. Tetapi jika ini sering terjadi, kemungkinan Anda memiliki kadar gula darah yang tidak normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro