Batuk merupakan salah satu gejala infeksi paru-paru/Freepik
Health

Ini Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Redaksi
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Polusi udara merupakan masalah lingkungan yang masih menjadi perhatian dunia. Polusi di Indonesia termasuk yang paling parah.

Polusi udara dapat berdampak buruk pada kesehatan, mulai dari memperburuk asma, menyebabkan penyakit pernapasan lainnya, hingga penyakit kardiovaskular. Menjaga kesehatan paru-paru Anda sangat penting terutama untuk kondisi lingkungan yang penuh polusi. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara membersihkan paru-paru.

Paru-paru memang merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Hal ini berarti paru-paru dapat mulai menyembuhkan dirinya sendiri setelah paparan terhadap polutan berhenti. Namun, seseorang yang membersihkan paru-parunya secara alami dapat lebih mudah meningkatkan kesehatan paru-paru. 

Dilansir dari American Lung Association, pengobatan alami dan diet "detoksifikasi" semakin populer sebagai cara cepat untuk menghilangkan racun dari tubuh. Namun, ada beberapa pengobatan yang malah berbahaya. Lalu apakah bisa membersihkan paru-paru secara aman?

Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda tanpa pil dan ramuan. Seperti yang diklaim sebelumnya, paru-paru merupakan organ yang bisa membersihkan dan menyembuhkan dirinya sendiri setelah terpapar polutan.

Cara terbaik untuk memastikan paru-paru Anda sehat adalah dengan menghindari racun berbahaya seperti asap rokok, polusi udara, berolahraga secara teratur, dan makan dengan baik.


Lebih lengkapnya, berikut adalah cara-cara membersihkan paru-paru secara alami.


1. Gunakan alat pembersih udara atau air purifier

Mulailah membersihkan paru-paru Anda dengan meningkatkan kualitas udara di rumah. Anda dapat membeli air purifier yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar. Selain membeli alat pembersih udara, Anda juga harus mengganti semua filter di rumah dan membersihkan semua ventilasi, seperti di kamar mandi, AC, atau ventilasi pemanas.


2. Hilangkan aroma buatan

Mungkin Anda menggunakan pengharum ruangan, lilin, atau pengharum ruangan lainnya. Namun, wewangian ini seringkali mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi paru-paru Anda.


3. Habiskan lebih banyak waktu di luar

Mendapatkan banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-paru dan menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Hindari berolahraga di luar ruangan saat angka polusi sedang tinggi dan jauhi pembakaran sampah, pembakaran kayu, atau jenis asap lainnya.


4. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi individu yang sedang merokok, pernah merokok, atau yang memiliki kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis. Ada juga alat yang bisa membantu Anda melatih pernapasan, seperti spirometer. 


Ada beberapa teknik pernapasan, seperti pernapasan bibir mengerucut dan pernapasan perut yang juga dikenal sebagai pernapasan diafragma.


5. Latihan aerobik

Rutinitas olahraga yang mencakup aktivitas aerobik dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Latihan aerobik seperti berjalan, berlari, bersepeda, renang, menari, dan zumba. Jika menderita penyakit paru-paru kronis, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga.


6. Ubah pola makan

Pola makan juga berpengaruh dalam kesehatan paru-paru. Pilih makanan yang kaya antioksidan untuk membersihkan paru-paru. Makanan tersebut seperti ikan berlemak, sayuran hijau, dan buah beri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro