Ilustrasi paru/livescience
Health

Deretan Makanan yang Bisa Membersihkan Paru-Paru

Redaksi
Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, polusi udara menjadi salah satu masalah yang disorot oleh kebanyakan orang. Polusi udara dapat berdampak buruk pada kesehatan, mulai dari memperburuk asma, menyebabkan penyakit pernapasan lainnya, hingga penyakit kardiovaskular.

Menjaga kesehatan paru-paru Anda sangat penting terutama untuk kondisi lingkungan yang penuh polusi.

Dilansir dari Medical News Today, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Merokok adalah penyebab kematian 1 dari setiap 5 orang di Amerika Serikat.

Paru-paru adalah organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Hal ini berarti paru-paru dapat mulai menyembuhkan dirinya sendiri setelah paparan terhadap polutan berhenti. Namun, ada kemungkinan bagi seseorang untuk membersihkan paru-parunya dan meningkatkan kesehatan paru-paru.

Cara terbaik bagi seseorang untuk memastikan paru-parunya sehat adalah dengan menghindari racun berbahaya, seperti asap rokok dan polusi udara.

Selain itu, seseorang juga dapat menerapkan perilaku gaya hidup tertentu, seperti olahraga teratur dan pola makan yang baik.

Setelah paru-paru terpapar polutan, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen yang dapat menyebabkan rasa berat.

Orang mungkin dapat menggunakan cara-cara untuk membantu membersihkan paru-paru dengan terapi, olahraga, minum obat, dan makan makanan yang direkomendasikan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola makan kaya nutrisi dapat membantu melindungi paru-paru dan bahkan mengurangi kerusakan paru-paru dan gejala penyakit.

Dilansir dari Times of India, dokter menyarankan untuk menambahkan makanan yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu detoksifikasi paru-paru dan melindungi tubuh dari polusi udara.

Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membersihkan paru-paru Anda.

1. Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi blueberry, stroberi, jeruk, apel, wortel, brokoli, bayam, dan tomat.

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Bawang putih membantu meringankan kemacetan dan sesak napas, membantu mengurangi peradangan, dan risiko kanker paru-paru. Bawang putih memberikan manfaat yang luar biasa bagi pasien penderita asma.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melonggarkan lendir serta meredakan peradangan pada saluran pernapasan. Akarnya membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Jahe kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, potasium, beta-karoten dan seng yang semuanya membantu menjaga kesehatan paru-paru. Anda bisa menambahkan jahe ke teh, salad, kari, dan kadha.

4. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan fungsi paru-paru. Makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak sehat berguna untuk membersihkan paru-paru Anda.

5. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, terutama katekin, yang dapat membantu melindungi sel-sel paru-paru dari kerusakan dan peradangan. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap. Sebuah studi pada 2018 yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak meminumnya sama sekali.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond dan kacang kenari, serta biji-bijian, seperti biji bunga matahari dan biji rami, mengandung vitamin E yang membantu melindungi sel-sel paru-paru dari kerusakan oksidatif.

7. Kunyit

Kunyit membantu mengurangi peradangan dan kemacetan yang disebabkan oleh penyakit pernapasan. Senyawa aktif dalam kunyit membersihkan paru-paru secara alami. Ini juga membantu dalam membangun kekebalan dan detoksifikasi tubuh.

8. Madu

Madu adalah pemanis alami dan populer karena sifat antibakterinya yang membantu mengurangi masalah pernafasan. Ini membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru Anda. Sesendok madu dalam air hangat sangat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro