Ayam probiotik/istimewa
Health

Ini Manfaat Ayam Bagi Kesehatan dan Paru-paru

Redaksi
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ayam merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan bahan masakan dari berbagai negara. Beberapa bagiannya bahkan kaya protein yang baik bagi paru-paru.

Ayam adalah sumber protein berkualitas tinggi rendah kalori dan rendah lemak yang memberikan nutrisi pada tubuh. Jika dimasukkan dalam pola makan seimbang, ayam dapat membantu meningkatkan massa otot, mendukung pemeliharaan berat badan, dan manfaat kesehatan lainnya. 

Dilansir dari Healthline, ayam kaya akan berbagai nutrisi penting, seperti protein, niasin, selenium, dan fosfor. Nutrisi-nutrisi itu sangat berguna untuk tubuh. Lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat-manfaat dari ayam.

1. Sumber protein lengkap

Daging ayam merupakan sumber protein lengkap yang sangat baik. Protein lengkap adalah protein yang memasok kesembilan asam amino esensial yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Protein ditemukan di setiap sel tubuh manusia.

Hal ini penting untuk banyak fungsi tubuh yang penting, termasuk: pembekuan darah, penglihatan, respon imun, keseimbangan cairan, tumbuh kembang, produksi hormon, antibodi, dan enzim.


2. Mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot

Protein makanan memasok tubuh Anda dengan asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot. Jika dibarengi dengan latihan ketahanan, asupan protein yang lebih tinggi terbukti meningkatkan massa dan kekuatan otot. 


3. Dapat menurunkan berat badan

Ayam, terutama dada ayam tanpa kulit, kaya akan protein, tetapi rendah kalori. Studi observasional menunjukkan bahwa bila dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan kaya sayuran, ayam dapat membantu menurunkan risiko obesitas. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan proteinnya yang tinggi.


4. Meningkatkan perkembangan dan fungsi otak

Kolin dan vitamin B12 pada ayam berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Asupan kolin yang lebih tinggi selama kehamilan dikaitkan dengan manfaat kognitif pada bayi.


5. Meningkatkan kesehatan kulit dan sendi

Ayam adalah sumber kolagen makanan yang sangat baik. Faktanya, banyak suplemen kolagen yang dibuat dengan mengekstraksi kolagen dari tulang, kulit, dan kaki ayam. Penelitian telah menunjukkan bahwa kolagen ayam dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan sendi.


6. Meningkatkan kesehatan jantung

Ayam menyediakan vitamin dan mineral yang kurang dikonsumsi. Ayam dapat menjadi menu utama untuk diet yang menyehatkan jantung, rendah lemak, dan rendah kolesterol, seperti diet DASH. 7-9

Ayam memang memberikan banyak manfaat, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bermanfaat tidaknya ayam tergantung dari cara penyajiannya. Sebagai contoh, ayam panggang lebih sehat dibandingkan ayam goreng. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro